Daerah Kebut Perekaman KTP-el Jelang Pilkada Serentak 2018

By Admin

nusakini.com--Perekaman KTP-el jelang Pilkada Serentak 2018 dikebut di pelbagai daerah di Indonesia. Memaksimalkan pencapaian target, beragam inovasi dihadirkan. Mulai dari layanan jemput bola, layanan keliling, layanan terintegrasi, layanan dor to door, hingga layanan di hari libur (Sabtu/Minggu).  

Di Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Luwu Utara, Dukcapil setempat terus mengoptimalkan layanan ke masyarakat selama bulan Ramadhan. 

“Di Luwu Utara ada program Safari Ramadhan, layanan yang diberikan tetap pelaksanaan perekaman KTP-el,” terang Kepala Dinas Dukcapil Luwu Utara Mas’ud Masse baru-baru ini.  

Di Desa dan Kecamatan, warganya yang ingin melakukan perekaman bisa menyurati Dinas Dukcapil untuk dilakukan pelayanan langsung ke lokasi. Untuk pengajuan perekaman di tempat setidaknya harus mengumpulkan 40 orang untuk melakukan perekaman data dirinya.  

Jika kurang dari itu, bisa melakukan perekaman KTP-el di tempat pelayanan terdekat atau langsung ke Dinas Dukcapil.  

Selain itu, di Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan hal serupa juga dilakukan Dukcapil setempat untuk menyukseskan Pilkada yang sudah semakin dekat.  

“Pelayanan dibuka pada hari Sabtu, ada 10 orang masyarakat yang datang ke Disdukcapil Mura untuk membuat dokumen kependudukan,” ujar Kepala Dinas Dukcapil Musi Rawas Y. Mori. 

Namun, sedikitnya masyarakat yang datang, lantaran masyarakat belum sepenuhnya mengetahui informasi tersebut. 

“Kami harapkan dengan dibukanya layanan setiap hari sabtu ini dapat dimanfaatkan masyarakat dengan sebaik-baiknya,“ tutup Mori di Musi Rawas. (p/ab)