Cristiano Ronaldo Adalah Masa Lalu

By ommed


nusakini,com - Real Madrid melakoni laga kompetitif perdana setelah era Cristiano Ronaldo dengan hasil negatif setelah dibekap Atletico Madrid 4-2 di Piala Super Eropa, Kamis (16/8) dini hari WIB.

Mau tak mau, publik mengaitkan kekalahan itu dengan sudah tidak adanya sosok pembeda seperti Ronaldo di kubu El Real. Sepanjang berkarier sembilan tahun di Santiago Bernabeu, penyerang Portugal itu menjelma menjadi monster gol dan turut menginspirasi Madrid meraih empat trofi Liga Champions serta belasan gelar lain.

Casemiro mengakui jika timnya kehilangan Ronaldo, yang telah hengkang ke Juventus di musim panas ini. Namun Casemiro optimistis, timnya bisa mengatasi hal itu bersama pelatih baru Julen Lopetegui.

"Tentu ada hal-hal yang tidak tergantikan. Cristiano menunjukkannya di klub ini bahwa dia adalah yang terbaik di dunia. Tetapi dia sudah menjadi masa lalu kami," kata Casemiro selepas laga yang digelar di Estonia itu.

"Mari kita bicarakan para pemain yang ada saat ini. Kami ingin membangun tim yang lebih kuat dan lebih solid. Ini baru permulaan. Julen bekerja dengan baik, mampu mempertahankan level ini, yang tentu tidak mudah. Jangan menghakimi kinerja Julen hanya dari satu laga ini," katanya.

Gelandang asal Brasil itu menambahkan, "Mencari-cari alasan bukanlah karakter Madrid. Saya tidak ingin mengumbar kesalahan di laga ini, karena kami menang dan kalah bersama sebagai sebuah tim."

Madrid harus berbenah cepat karena kick-off La Liga Spanyol 2018/19 akan dimulai. Getafe bakal menjadi lawan pertama mereka pada Senin (20/8) dini hari WIB di Bernabeu. (fft/om)