nusakini.com - Workshop Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang diselenggarakan selama 3 hari dari tanggal 4 s.d. 6 Maret 2020 di Hotel Santika Banyuwangi dipimpin dan dibuka oleh Plt. Kepala Bagian Evaluasi dan Pelaporan BPPSDMP, serta dihadiri oleh perwakilan PPID dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan Pusat-pusat lingkup Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian. Acara tersebut menghadirkan narasumber dari Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kabupaten Banyuwangi, Biro Hubungan Masyarakat dan Informasi Publik Kementerian Pertanian, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan dan Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang.

Workshop ini juga melakukan kegiatan studi tiru (Benchmarking) ke Kantor Sekretariat Daerah, Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian serta Mal Pelayanan Publik Kabupaten Banyuwangi yang mendapatkan penghargaan PPID Terbaik se-Jawa Timur sejak tahun 2013 s.d. 2019.

Sejalan dengan arahan Menteri Pertanian yang selalu menekankan bahwa setiap informasi publik harus dapat diperoleh masyarakat dengan cepat dan tepat waktu, biaya ringan dan cara sederhana. Maka agar pelayanan informasi dan dokumentasi dapat terwujud dengan baik diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, terutama PPID dan Humas sebagai ujung tombak penyampai informasi kepada masyarakat luas. Oleh karena itu BPPSDMP menyelenggarakan Worskhop sebagai upaya peningkatan pengetahuan dalam pengelolaan PPID.

Sesuai arahan pidato kepala BPPSDMP yang dibacakan oleh Plt. Kepala Bagian Evaluasi dan Pelaporan bahwasanya Kementerian pertanian sebagai Badan Publik informastif serta optimalisasi pelayanan publik, maka diharapkan kegiatan Workshop PPID yang dihadiri oleh seluruh PPID Pelaksana maupun PPID Pembantu Pelaksana serta Humas lingkup BPPSDMP untuk saling mengkoordinasikan dan mensinergikan kegiatan pengelolaan dan pelayanan informasi publik dan dokumentasi serta kegiatan yang dilakukan oleh humas. 

Plt Kepala Bagian Evaluasi dan Pelaporan, Dewi Darmayanti menyampaikan, BPPSDMP, Kementerian Pertanian, ingin menggali inspirasi dari Banyuwangi karena PPID Banyuwangi berhasil memperoleh penghargaan PPID Award di tahun 2012, 2013, 2016, 2017, 2018 dan 2019. Di 2019 PPID Banyuwangi mendapatkan tiga trophy dan satu penghargaan. Tiga trophy tersebut yakni pendokumentasian informasi terbaik, transparansi anggaran terbaik, dan penyedia informasi berkala terbaik. Sementara untuk penghargaannya adalah sebagai badan publik menuju informative. (romi)