Bantuan Tiba Tepat Waktu Tanam, Petani Sidrap Bergembira

By Admin


nusakini.com - Sidrap - Koordinator Gempita Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar acara Penyaluran Bantuan Benih Jagung Hibrida Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2018, di aula kompleks SKPD Kab Sidrap, Sulsel, Kamis (29/11/2018).

Hadir dalam Kegiatan ini Bupati Sidrap, Dinas Pertanian Propinsi, Dandim 1420 dan Kapolres Sidrap bersama ratusan ketua kelompok tani.

Penyaluran bantuaan benih senilai 8,7 miliar yang difasilitasi Kornas Gempita bersama Korwil Andi Sukri Baharman dan Korda Gempita Sidrap H. Ariyanto Wajeng

Dalam salah satu sesi acara ini dilangsungkan seremonial serah terima benih oleh bupati kepada 170 Kelompok tani jagung yang ada disidrap menandai musim tanam jagung yang akan berlangsung hingga Januari 2019

Dalam laporannya, Korwil Gempita Sulsel Andi Sukri Baharman menyebutkan bantuan benih ini hadir berkat kerja cepat Kementan untuk mensejahterakan petani, "dalam waktu kurang sebulan, usulan CPCL kita sudah terealisasi dan siap distribusi bertepatan musim tanam jagung" sebut Andi Sukri

Andi Sukri menegaskan, Insya Allah kedepan Kementan melalui pemuda yang tergabung dalam program Gempita akan lebih dekat lagi ke petani "mengawal dan melayani petani. 

Andi sukri Baharman berharap, kegiatan ini adalah awal dan bukan akhir dari kegiatan gempita sul sel umumnya dan Sidrap khususnya.

Korwil Gempita ini mengingatkan pula, tugas pokok Gempita yang digariskan Mentan Andi Amran agar melakukan regenerasi petani, "Kita menargetkan pemuda inilah yang akan mengawal bantuan pemerintah sekaligus melayani petani, tutur Andi Sukri.

Senada hal tersebut, Kornas Gempita Muh Riyada, mengungkapkan selain tugas rekrutmen 'Sejuta Petani Muda' juga menegaskan peran pemuda mengawal keberlanjutan swasembada jagung.

"Dari Presiden, Mentan, Gubernur Sul-Sel hingga Bupati Sidrap semuanya berasal dari Petani", ujarnya.

"Ini rezimnya petani, kemenangan ini harus jadi kegembiraan bagi semua petani. Jadi jangan ragu bekerja, ada ratusan pemuda yang siap melayani kebutuhan petani", ujarnya.

Riyada yang akrab disapa Dadank ini menjelaskan, kelompok tani pemuda kita bentuk untuk mengelola alsintan, melayani kebutuhan petani dan hidupkan lahan tidur pemerintah.

"Insya Allah kornas Gempita lebih intensif bersama Korwil dan Korda mengawal terwujudnya komitmen pemerintahan Jokowi-JK mensejahterahkan Petani", tegas Dadank. 

Bupati Sidrap, Ir. H. Dollah Mando dalam sambutannya mengungkapkan apresiasi yang sangat tinggi kepada Menteri Pertanian atas bantuan benih yang tiba tepat waktu tanam jagung.

"Mentan Andi Amran Sulaiman telah merubah semua peraturan yang selama ini menghambat produktifitas petani", tegas Bupati Sidrap terpilih tersebut. 

H.Dollah Mando mengingatkan seluruh kalangan untuk tidak mempermainkan benih bantuan Kementan.

"Jangan sampai ada pungutan dan pengurangan jumlah bantuan, harus tepat sesuai usulan. Kami himbau Babinsa, Polres bersama Gempita dapat mengawal dan mengawasi dari tanam hingga panennya", ujarnya.

Keterlibatan Gempita, TNI POLRI dalam mengawal proses distribusi bantuan hingga panen untuk memastikan tepat sasaran, tepat waktu, kualitas dan tepat jumlah. 

Langkah dan program Andi Amran Sulaiman, lanjut H.Dollah Mando secara nyata telah dirasakan oleh petani di Kabupaten Sidrap,

"Harapannya semoga Presiden Jokowi tetap mempercayakan posisi Andi Amran dua periode Menteri Pertanian" katanya.

Menurutnya, belum pernah ada menteri seperti Menteri Andi Amran,"Beliau tidak pernah menolak permintaan petani, sepanjang ada ditangannya, pasti Mentan berikan", pungkas Bupati. (p/ma)