Bahas Dinamika Pilkada, Kapolri Temui Mendagri

By Admin

nusakini.com--Kapolri Jenderal Tito Karnavian menemui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. Mendagri menerima kedatangan Kapolri di ruang kerja Mendagri, Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri), Jakarta, Senin (15/1). 

Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) Serentak 2018 menjadi topik pembahasan. Menurut Tito, persiapan pilkada sangat memerlukan koordinasi dengan mendagri. “Diskusi mengenai potensi kerawanan, karena paslon (pasangan calon) ini kan sudah didaftarkan,” kata Tito seusai pertemuan. 

Setelah berakhirnya masa pendaftaran paslon pada 10 Januari 2018, Tito mengungkapkkan, pihaknya kini dapat mencermati segala potensi kerawanan dalam pilkada. Misalnya dari latar belakang partai politik (parpol) pendukung, termasuk para paslon. 

“Apakah mungkin isu-isu sensitif akan keluar. Kalau isu-isu provokatif negatif tidak keluar, maka dinamika pilkada berlangsung aman. Tapi tentunya kita harus melihat potensi-potensi, riak-riak yang bisa muncul karena isu-isu sensitif,” ujarnya. 

Sebagian besar parpol pendukung pemerintah dan di luar pemerintah saling berkoalisi pada pilkada. Dari segi keamanan, hal ini dianggap menguntungkan pihak kepolisian. “Kalau terjadi aliansi, maka mereka bersinergi. Daerah aman. Tapi kalau seandainya berbeda, partai oposisi calon sendiri, partai pro pemerintah calon sendiri, itu perlu waspada,” ucap Tito. 

Tito mengungkapkan, dirinya bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengeliling daerah-daerah. Kunjungan nantinya dimulai dari Kalimantan Timur. “Saya dan panglima akan memberikan arahan pada jajaran untuk bersikap netral. Kita lihat rencana operasi akan seperti apa,” ungkapnya.(p/ab)