AC Milan Minta Kompetisi Eropa Gunakan VAR

By Admin


nusakini.com - London - AC Milan melalui direktur olahraga mereka, Massimiliano Mirabelli meminta agar UEFA menerapkan penggunaan Teknologi Asisten Wasit Video (VAR) untuk kompetisi antarklub Eropa.

Imbauan ini muncul setelah Rossoneri merasa dirugikan atas keputusan wasit saat menelan kekalahan 3-1 di markas Arsenal, dalam duel leg kedua babak 16 besar Liga Europa, Jumat (16/3) kemarin.

Di laga tersebut, Milan sebenarnya bisa unggul terlebih dahulu melalui tembakan jarak jauh Hakan Calhanoglu yang membuat agregat sempat menjadi imbang 2-2, tapi penalti kontroversial Danny Welbeck membuyarkan asa mereka dan harus tersingkir dengan agregat 5-1.

Keputusan wasit Jonas Eriksson memberikan penalti bagi Arsenal mendapat kecaman, pasalnya dalam tayangan ulang terlihat Welbeck terjatuh di dalam kotak penalti meski mendapat kontak minimal dari Ricardo Rodriguez.

Agar menghindari kejadian kontroversial serupa, maka Mirabelli meminta agar UEFA mempertimbangkan penggunaan VAR sama seperti yang sudah diterapkan di Serie A Italia musim ini.

"Pertandingan ini meninggalkan rasa pahit. Kami tidak inferior terhadap Arsenal," klaim Mirabelli di hadapan para reporter.

"Leg pertama memengaruhi leg kedua, tapi kami bangga karena para pemain telah berjuang sekuat tenaga dan bahkan sebenarnya kami bisa saja membalikkan keadaan."

"Kami adalah Milan dan kami jelas membuktikan bahwa kami bisa mengatasi rintangan. Tentu saja, laga ini seharusnya bisa saja berakhir dengan hasil yang berbeda."

"Jika ada VAR seperti di Italia, pertandingan ini mungkin berakhir dengan hasil yang berbeda," lanjutnya.

"Kami tidak ingin memposisikan diri kami dalam posisi sebagai korban, tapi tanpa adanya kejadian kontroversial maka sebenarnya bisa saja keadaan akhir menjadi lain."

"UEFA harus bercermin dan melihat apa yang ada di Italia, VAR adalah hal bagus. Itu berjalan bagus di Italia, meski memang masih ada beberapa kejadian yang tak menguntungkan." (fft/om)