840 Bidan/Dokter PTT Tidak Ikut Tes CPNS

By Admin

nusakini.com-- Sebanyak 43.268 Pegawai Tidak Tetap (PTT) yang sebagian besar bidan, telah mengikuti Tes Kompetensi Dasar (TKD) sebagai syarat untuk diangkat menjadi CPNS. Jumlah tersebut didasarkan pada PTT yang melakukan pendaftaran yang berakhir tanggal 1 Juni 2016 dan telah mencetak kartu ujian, sehingga terdapat 840 orang, selisih dari jumlah semula yakni 44.108 

Dari jumlah itu, peserta terbanyak dari Sumatera Utara, yakni 6.181 orang. Sedangkan dua provinsi yakni Kalimantan Utara dan Bangka Belitung, pesertanya masing-masing hanya 92 orang. Daerah lain yang memiliki PTT dengan jumlah besar adalah Jawa Tengah (4.915), Aceh (4.419), Jawa Timur (3.350), Jawa Barat (2.350) dan Lampung (2.122). Untuk daerah lain, jumlah pesertanya di bawah 2000 orang. 

Pelaksanaan TKD PTT Kementerian Kesehatan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), yang berlagsung sejak tanggal 19 – 24 Juli 2016, sebagian besar diselenggarakan di ibukota Provinsi. Dari 34 provinsi, hanya DKI Jakarta yang tidak melakukan TKD untuk PTT Kemenkes. Hanya dua provinsi, yakni Papua dan Papua Barat yang TKD dilaksanakan di beberapa kota. Di Papua Barat digelar di Manokwari dan Sorong. Sedangkan di Papua, TKD diselenggarakan di Jayapura, Mimika, Wamena, Biak, dan Merauke. 

Berdasarkan informasi dari Panitia TKD ASN dari PTT Kemenkes, pelaksanaan CAT umumnya menggunakan fasilitas milik Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pasalnya, fasilitas ini ada di seluruh provinsi, bahkan sampai ke kabupaten/kota. Sementara fasilitas milik BKN yang ada di kantor regional (Kanreg), tidak berada di seluruh provinsi.(p/ab)