Ikatan Bidan Indonesia Raih Rekor MURI

By Admin

Foto/dok. Kemenkes  

nusakini.com - Ikatan Bidan Indonesia (IBI) menggelar pemeriksaan kanker serviks dengan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA Test) gratis secara serentak di seluruh Indonesia. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan bakti sosial dalam rangka HUT IBI ke 66 dan Hari Bidan Internnasional.

IVA Test dilakukan oleh 21.017 bidan kepada 91.349 perempuan di 3.098 lokasi IBI tingkat kecamatan di seluruh Indonesia. Piagam penghargaan diserahkan kepada Menkes RI, dan Ketua Umum IBI pada Rabu (19/7/2017) di Jakarta.

Menurut WHO, Kanker serviks termasuk penyakit yang mematikan. Setiap tahun tidak kurang dari 15 ribu kasus kanker serviks terjadi di Indonesia.

Upaya untuk mengurangi kasus kanker serviks tersebut yakni dengan skrining melalui pemeriksaan IVA oleh bidan.

Ketua Umum IBI, Dr. Emi Nurjasmi mengatakan Sebanyak 428 ribu bidan IBI terus memberikan komitmen khususnya pelayanan kesahatan ibu, bayi dan balita.

“Sejak 24 juni 1951 telah mengantarkan IBI ke tingkat internasional untuk meningkatkan kesejahteraan perempuan, ibu dan anak,” kata Dr. Emi pada sambutan HUT IBI ke 66 dan Hari Bidan Internasional di Jakarta, Rabu (19/7/2017).

Selain itu, kalangan bidan Indonesia membutuhkan dukungan kuat melalui penguatan regulasi yang menjamin kepastian hukum melalui Undang-undang Kebidanan.

Diharapkan, lanjut Dr. Emi, dengan baiknya regulasi serta terpeliharanya kompetensi bidan, maka kualitas pelayanan kesehatan perempuan, ibu dan anak dapat terus meningkat. (p/ma)