12 Negara Pengirim Pekerja Migran Hasilkan Deklarasi Colombo

By Admin

nusakini.com--Pertemuan tingkat Menteri negara-negara pengirim pekerja migran yang tergabung dalam Collombo Process (CP) menghasilkan Deklarasi Colombo untuk peningkatan kesejahteraan dan perlindungan migran workers. 

"Deklarasi yang telah disepakati menitikberatkan pada 5 (Lima ) thematic yaitu skill recognition, ethical recruitment, pre departure orientation, Remitansi dam labour market analysis" kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) RI, M. Hanif Dhakiri di Jakarta,Minggu (28/8). 

Pertemuan tingkat Menteri ketenagakerjaan pada pertemuan Collombo Process, menghasilkan 2 (dua) hal penting, yakni disepakatinya Cambodia sebagai negara anggota Collombo process (CP) Ke 12 (dua belas). 

"Inti dari Deklarasi Collombo Process adalah peningkatan kesejahteraan dan perlindungan migrant Worker" ujar Menaker Hanif. 

Sementara itu dengan diterimanya Cambodia sebagai negara Ke 12 dalam CP diharapkan akan menambah kekuatan posisi komunitas negara sending state dalam memperjuangkan peningkatan perlindungan dan kesejahteraan migrant workers. 

Pada sisi lain, seluruh statement Menteri ketenagakerjaan anggota CP secara prinsip mendukung bahasan-bahasan diatas dengan penambahan berbagai penekanan upaya peningkatan perlindungan diantaranya perlunya membangun networking dalam labour market information, health recognition, labour inspector networking. 

Pada akhirnya, pertemuan tingkat Menteri juga menyepakati, keketuaan Srilangka diperpanjang sampai menunggu kesiapan keketuaan CP berikutnya.(p/ab)