Yuk Saksikan Karya Pelajar SLB di Jakarta

By Al


nusakini.com - Jakarta - Dinas Pendidikan DKI Jakarta menggelar Pameran Karya pelajar dari sekolah luar biasa (SLB) di Kantor Dinas Pendidikan, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Pameran yang berlangsung tersebut diikuti oleh ratusan pelajar dari 11 SLB Negeri dan 79 SLB swasta se-DKI Jakarta.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Ratiyono mengatakan, pameran ini mengekspos kreativitas hasil pembelajaran di sekolah dari anak-anak dengan Pendidikan Luar Biasa (PLB). Selain mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) pada umumnya, mereka juga melakukan pengembangan diri.

"Mereka punya kompetensi di bidang seni, lukis, musik, kriya dan lainnya. Kami tampilkan di pameran ini agar mereka punya kebanggan dan masyarakat juga tahu potensi mereka," ujarnya

Ratiyono menjelaskan, produk hasil karya dan kreasi murid-murid SLB ini tidak kalah dengan anak-anak normal. Produk maupun karya yang dihasilkan bisa dijadikan komoditi yang punya nilai lebih karena yang mengerjakan justru adalah anak-anak berkebutuhan khusus.

"Mereka juga menjadi bagian dari anak-anak yang harus kita layani dan perlu difasilitasi, termasuk untuk memperoleh pekerjaan," ungkapnya.

Sementara, Kepala Bidang Sekolah Dasar Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Didih Hartaya menambahkan, melalui pameran ini diharapkan murid SLB bisa menjadi orang-orang yang terampil. Sehingga, menjadi bekal mereka hidup bermasyarakat dan masyarakat bisa memanfaatkan hasil karya mereka.

"SLB ini lebih mengarah kepada vokasional seperti anak SMK, mereka dilatih dan dididik untuk terampil," tandasnya.