XL Axiata Bersama Wantannas dan Radio PPI Dunia Talkshow Bela Negara dari Desa Terpencil di NTT

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Ende--Bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2019, PT XL Axiata (Tbk) mendapatkan kesempatan berpartisipasi pada acara khusus memperingati hari bersejarah tersebut yang disiarkan oleh Radio PPI Dunia (28/10). Siaran acara bertema “SDM Pemuda Unggul, Indonesia Menang” tersebut merupakan bagian dari Program Bela Negara yang diinisiasi oleh Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas). Group Head East Region XL Axiata, Bambang Parikesit serta Head of Sustainability & Communication Services, Andy Satrio Yuddho menjadi narasumber mewakili XL Axiata, bersama, Anjak Rekon Ekonomi Kedeputian Polstra Wantannas, Kolonel Lek M.J Lumban Toruan.S.E, dan Anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia area Maumere, Ivan Pereira. Wawancara dilakukan secara langsung menggunakan fasilitas Skype menggunakan jaringan 4G dari XL Axiata dari Desa Aewora di pelosok Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.  

Group Head East Region XL Axiata, Bambang Parikesit mengatakan “Kami sangat bangga karena diberikan kesempatan oleh Dewan Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Wantannas) dan Radio PPI Dunia untuk ikut berpartisipasi dalam program siaran spesial ini. Di era digital sekarang ini, Bela Negara tentu kurang relevan jika langsung dikaitkan dengan perjuangan fisik dan angkat senjata saja. Di era yang serba digital ini, aktivitas Bela Negara bisa juga dilakukan dengan berbagai upaya yang pada pokoknya berorientasi untuk memperkuat nasionalisme. Dengan demikian maka aktivitas Bela Negara bisa dipahami dan dijalankan secara lebih fleksibel oleh berbagai komponen bangsa, terutama generasi muda.”

Bambang menambahkan XL Axiata sendiri sebagai perusahaan telekomunikasi dan data digital sangat mendukung program Bela Negara yang dicanangkan oleh Dewan Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Wantannas). Secara umum ada dua hal yang bisa kami kontribusikan, yaitu Layanan telekomunikasi dan data yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung program-program Bela Negara. Jaringan dan layanan XL Axiata yang terus meluas ke berbagai daerah bisa dimanfaatkan untuk mengkomunikasikan dan mensosialisasikan pesan Bela Negara ke generasi era digital. Dan yang kedua program-program tanggung jawab sosial XL Axiata yang berorientasi pada edukasi generasi muda bisa dimanfaatkan untuk memupuk visi Bela Negara. XL Axiata memiliki program XL Future Leaders untuk Mahasiswa, XYLC untuk pelajar SMA/Madrasah Aliyah, Sisternet untuk ibu-ibu dan komunitas UKM, hingga ke Laut Nusantara untuk nelayan Indonesia

Desa Aewora menjadi lokasi wawancara jarak jauh dengan XL Axiata karena pada hari yang sama, XL Axiata melakukan peresmian beroperasinya jaringan Universal Service Obligation (USO) di desa yang berjarak sekitar 92 km dari Ibukota Kabupaten Ende tersebut. Pembangunan jaringan USO ini terlaksana atas kerjasama XL Axiata dengan dukungan penuh dari berbagai komponen, termasuk pemerintah daerah Kabupaten Ende dan Provinsi NTT, serta warga Desa Aewora. Dengan adanya jaringan USO ini, warga masyarakat Desa Aewora kini bisa menikmati dan memanfaatkan layanan data berkualitas 4G.

Tidak lupa, bersamaan dengan pengoperasian jaringan USO tersebut, XL Axiata memberikan edukasi pemanfaatan layanan data dan internet cepat untuk meningkatkan produktivitas masyarakat setempat. Untuk itu, XL Axiata juga menyelenggarakan pelatihan memanfaatkan aplikasi digital Laut Nusantara yang akan memudahkan para nelayan menangkap ikan di laut lepas. Bagi warga perempuan, dilaksanakan pelatihan pemanfaatan layanan data dan sarana digital untuk berbagai keperluan, dari mulai untuk menjual produk lokal hingga mengakses materi pendidikan untuk anak, melalui program Sisternet.

“Kami berharap, dengan adanya jaringan telekomunikasi di daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) diharapkan dapat meningkatkan produktivitas masyarakat sekitar sehingga perekonomian rakyat menjadi lebih maju. Salah satu contoh adalah masyarakat dapat mengakses dunia luar, dapat memaksimalkan media sosial sebagai sarana untuk promosikan potensi daerah dan hal-hal positif lainnya. Seiring dengan semakin majunya suatu daerah yang didorong oleh pembangunan nasional yang merata, salah satunya melalui masuknya jaringan data seperti USO yang dibangun oleh XL Axiata ini, maka kami berharap akan bisa meningkatkan pula rasa cinta tanah air oleh masyarakat setempat,” Bambang Parikesit menambahkan.  

Siaran ini merupakan bagian dari kerjasama XL Axiata dengan Dewan Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Wantannas) dalam rangka mendukung pelaksanaan program Bela Negara. Radio PPI Dunia sendiri merupakan radio berbasis internet yang diinisiasi dan dioperasikan oleh perkumpulan pelajar dan mahasiswa Indonesia yang menimba ilmu di berbagai belahan dunia.(R/Rajendra)