Waspada kebiasaan menumpuk barang

By Admin


nusakini.com - Ketika kita menyukai suatu barang kita cenderung akan memilih untuk mengumpulkannya atau mengkoleksi barang tersebut, namun bagaimana jika kebiasaan ini sering dilakukan dan barang yang kita kumpulkan sudah tidak lagi memiliki value atau nilai guna? Tentunya barang-barang tersebut akan terus menumpuk layaknya seperti tumpukan sampah yang sengaja disimpan di dalam rumah.

Inilah yang sering dilakukan oleh penderita Hoarding Disorder, mereka merasa memiliki ikatan emosional yang ekstrim terhadap semua barang yang dia miliki, mereka juga merasa butuh untuk menyelamatkan barangnya dengan cara terus menumpuknya. Sehingga mereka tidak memiliki daya untuk membuangnya, walaupun sebenarnya barang tersebut tidak lagi memiliki nilai guna.

Kecenderungan ini rentan terjadi pada wanita dibandingkan laki-laki karena wanita selalu melibatkan perasaannya ke dalam hal apapun. Seperti halnya kita lebih sering menemukan wanita yang memiliki hobi mengoleksi pakaian, sepatu, dan barang-barang antik dibandingkan laki-laki. Hal ini terjadi karena penderita Hoarding Disorder memiliki kemampuan mengorganisir yang rendah, memiliki kepercayaan yang aneh terhadap kepemilikan suatu barang, dan juga terdapat perilaku yang serupa pada anggota keluarganya. (sn)