Warga Tanjung Priok Uji Coba Budidaya Lele di Saluran Air

By Al


nusakini.com - Jakarta - Warga RT 05/03 Kelurahan Tanjung Priok, Tanjung Priok, Jakarta Utara, memanfaatkan saluran air di lingkungannya untuk mengembangkan budidaya ikan lele.  

Ketua RW 03 Kelurahan Tanjung Priok, Kunkun Surya Lesmana mengatakan, budidaya ini juga sekaligus sebagai upaya memberantas jentik nyamuk dan meningkatkan kebersihan saluran.

"Ini sedang kita uji coba. Kalau memang bisa dan berhasil kita akan kembangkan ke saluran air di RT lain," ujarnya

Dijelaskan Kunkun, ikan lele dibudidayakan di dua saluran sepanjang masing-masing empat meter dengan lebar sekitar 60 sentimeter. Uji coba ini, sudah dimulai sejak dua pekan lalu.

Sebagai tahap awal, sambung Kunkun, pihaknya sudah menebar sebanyak 200 ekor bibit ikan lele di kedua saluran. Bibit ikan tersebut didapat dari Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Utara, setelah pihaknya mengajukan permohonan bantuan.

Ditambahkan Kunkun, dengan adanya budidaya tersebut warga menjadi segan membuang sampah sembarangan sehingga kebersihan saluran dan lingkungan pun menjadi lebih terjaga.

Lurah Tanjung Priok, Ma’mun menerangkan, sebelumnya warga RW 03 juga sudah mengembangkan program gang hijau dengan menanam aneka jenis tanaman obat keluarga, sayuran dan bunga hias dalam pot di setiap halaman rumah.

“Kemarin kita sudah panen terong, hasilnya warga yang memanfaatkan. Saat ini kita juga sedang mengembangkan tanaman dengan metode hidroponik,” tandasnya.(pr/kj/al)