Warga Kebon Baru Buat Mural Batik

By Al


nusakini.com - Jakarta - Upaya mempercantik kawasan dan meningkatkan estetika dilakukan warga di RW 10, Kelurahan Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan, dengan membuat mural batik di dinding-dinding atau tembok di tiga yang berada dekat jalan lingkungan.

Ketua RW 10, Kelurahan Kebon Baru, Purwoto mengatakan, kegiatan ini dilakukan atas inisiasi tujuh orang warganya yang pernah mengikuti kegiatan pelatihan seni membatik di Pusat Pelatihan Seni Budaya (PPSB) Jakarta Selatan pada April lalu.

"Saat ini pembuatan mural difokuskan di Jalan J Gang Perintis, serta di wilayah RT 8 dan RT 9," ujarnya

Purwoto menjelaskan, pembuatan mural ini mendapat dukungan dari Komunitas Bantaran Kali Ciliwung (Bacili) yang memberikan bantuan berupa 12 paket cat tembok berikut tujuh set kuas.

"Agar menjadi ciri khas, kami bersama warga bersepakat untuk membuat mural dengan sentuhan batik," terangnya.

Sementara, Ketua Komunitas Bacili, Buchari menuturkan, warga RW 10 memiliki mimpi bersama untuk mewujudkan kawasan ini sebagai kampung yang juga bisa memproduksi batik sebagai penggerak roda perekonomian warga setempat. 

"Kami sangat mendukung dan siap melakukan assessment. Mudah-mudahan kawasan Kebon Baru bisa menjadi sentra batik di Jakarta," tandasnya.