Warga Kampung Mural Panen Sayur Hidroponik

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Warga Kampung Mural RT 04/07, Kelurahan Kembangan Utara bersama pengurus TP PKK Jakarta Barat, memanen tanaman sayur hidroponik di sepanjang Jalan Kenanga, Kembangan Utara, Jumat (15/3). 

Ketua RT 04/07 Kembangan Utara, Kasmin mengatakan, Jalan Kenanga yang memiliki panjang sekitar 200 meter tersebut awalnya kumuh dan kotor. Bersama dengan warga, dirinya sepakat menata menjadi bersih, asri dan hijau dengan membuat mural dan menaman beraneka macam tanaman obat-obatan dan sayur hidroponik.

"Mural yang dibuat di tembok rumah bertema pemandangan yang dibiayai dari warga. Tanaman obat obatan dan hidroponik juga hasil swadaya warga dan bantuan bibit dari Sudin KPKP Jakarta Barat," ujar Kasmin.   

Ia mengungkapkan, sayuran hidroponik yang dipanen ini akan dibagikan ke seluruh warga dan tidak dijual ke pasar, 

"Kami menargetkan rumah warga lainnya membuat mural dan menanam tanaman di depan rumah masing-masing," ungkapnya 

Ketua TP PKK Jakarta Barat, Inad Luciawaty, mengapresiasi kekompakan warga RT 04/07 Kembangan Utara yang peduli terhadap lingkungan.  

Ia juga berharap warga kampung Mural tetap menjaga lingkungan sehingga tetap terjaga indah, asri dan sehat. 

"Mudah mudahan impian warga juga tercapai untuk menciptakan wilayah ini indah dan sehat dengan membuat mural dan menanam bermacam tanaman," tandasnya. (p/ab)