Wapres JK Serahkan BKN Award

By Admin


nusakini.com - Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menyerahkan BKN Award 2016 kepada para pemenang dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Kepegawaian di Bidakara Jakarta, Kamis (26/05/2016).

Piala penghargaan diserahkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Biorkrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi dan Kepala BKN Bima Haria Wibisana.

Dalam sambutannya, Wapres mengatakan ada tiga hal pokok yang menjadi perubahan pola kerja yang harus dilakukan aparatur sipil negara, yaitu:

1. Perubahan sistem pemerintahan yang beralih dari sentralistik ke arah desentralisasi.

2. Perubahan teknologi.

3. Adanya persaingan di internal dan eksternal.

"Tiga hal itu harus merubah karakter PNS kita, harus menjadi inovatif karena tidak ada lagi arahan dari pusat. Untuk itu, ASN harus memiliki keahlian, skill dan kecermatan yang baik. Tanpa itu daerah akan ketinggalan," kata Wapres.

Penetapan Pemenang BKN Award melalui Keputusan Kepala BKN No. 91/ S.KEPT/KA/V/2016 tentang Instansi Pemenang BKN Award Tahun 2016.

Proses penilaian dilakukan melalui dua tahapan:

1. Secara incognito atau instansi yang dinilai tidak mengetahui bahwa instansinya sedang dinilai.

2. Penilaian dilakukan oleh tim penilai akhir.

BKN Award dianugerahkan untuk memberikan penghargaan kepada instansi yang berhasil dalam menyelenggaran manajemen ASN secara kreatif, inovatif, akuntabel, konsisten, sesuai dengan kaidah, norma, standar dan prosedur yang berlaku.(if/mk)