Walhi DKI Jakarta Apresiasi Penerapan Kebijakan KBRL

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) DKI Jakarta mengapresiasi dimulainya penerapan larangan pemakaian kantong plastik sekali pakai sesuai amanat Peraturan Gubernur Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan, dan Pasar Rakyat. 

Direktur Eksekutif Walhi DKI Jakarta, Tubagus Soleh Ahmadi mengatakan, kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terkait implementasi peenggunaan kantong belanja ramah lingkungan (KBRL) sudah tepat dan merupakan wujud komitmen kepedulian terhadap lingkungan.

"Kami mengapresiasi dimulai berlakunya Peraturan Gubernur Nomor 142 tahun 2019 perihal kewajiban penggunaan kantong belanja ramah lingkungan," ujarnya, Senin (6/7).  

Menurutnya, adanya regulasi khusus yang mengatur mengenai penggunaan KBRL ini juga harus diikuti oleh provinsi lain. Sehingga, Indonesia akan semakin ramah lingkungan. 

"Jakarta bisa menjadi role model atau contoh bagi provinsi lain di Indonesia. Kita tahu sampah plastik ini sangat sulit terurai," terangnya. 

Ia menambahkan, Pemprov DKI Jakarta juga diminta gencar menggelar sosialisasi guna meningkatkan kesadaran warga Ibukota terkait dampak keberadaan sampah kantong plastik yang mencemari lingkungan.  

"Semakin tinggi kesadaran warga, upaya mengurani sampah plastik akan semakin optimal. Terlebih, Pergub 142 Tahun 2019 juga sudah mengatur mengenai sanksi tegas bagi yang melanggar, kita berharap ini akan berhasil dengan baik," tandasnya. (p/ab)