Wagub Papua: Orang Tua Diminta Ajari Anak Makna Pancasila

By Admin


nusakini.com-Jayapura- Pemerintah Provinsi Papua mengajak para orang tua di seluruh bumi cenderawasih agar mulai mengajari dan menanamkan makna pancasila sedini mungkin kepada anak-anaknya. Sebab Pancasila merupakan dasar ideologi bagi Negara Kesatuan Republik Indonesa (NKRI). 

“Serta merupakan gabungan dari dua kata yaitu, Panca yang memiliki arti lima dan Sila yang memiliki arti prinsip atau asas. Sehingga jika disimpulkan bahwa Pancasila memiliki arti 5 Prinsip utama yang menjadi acuan bagi segala bentuk aspek-aspek kehidupan Bangsa dan Negara Indonesia,” terang Wagub Papua Klemen Tinal di Jayapura, baru-baru ini. 

Wagub Klemen katakan, generasi muda Papua saat ini wajib memahami, mengerti dan menghayati Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Hal demikian karena, hingga kini Bumi Cenderawasih masih menjadi contoh dalam hal bertoleransi. 

Tak sampai disitu, Pancasila di Papua sudah teruji. Dimana, dalam tanah ini hidup beraneka ragam suku bangsa, agama maupun status sosial, baik dari Sabang sampai Merauke. 

"Ini artinya apa, Pancasila lah yang menyatukan. Sehingga hal ini harus dipahami dengan baik dan terus dibiasakan dalam menyampaikannya kepada generasi muda. Karena jika di tempat lain Pancasila mulai luntur karena pemahaman-pemahaman yang sempit, Papua harus menerangi wilayah lainnya dalam ber-Pancasila,” tegas dia. 

Sebelumnya, Sekda Papua Hery Dosinaen mengajak para ulama dan tokoh agama, guru dan ustad, politisi dan jajaran aparat pemerintah, anggota TNI dan Polri, pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. “Karena dengan semangat persatuan ini,kita akan berprestasi serta mampu meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya,” ajaknya. (p/ab)