Waduk Setu Diusulkan Jadi Obyek Wisata

By Admin


nusakini.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Timur, akan mendorong kawasan Waduk Setu, Cipayung, menjadi obyek wisata bernuansa Betawi, seperti Setu Babakan di Jagarkasa, Jakarta Selatan. 


Menurut Wali Kota Jakarta Timur, Bambang Musyawardhana, kawasan Waduk Setu cocok dijadikan obyek wisata, karena lokasinya yang rimbun dan dekat dengan permukiman warga. Nantinya, di sana bisa dibangun panggung hiburan, pusat kuliner serta arena bermain anak.  


"Kami akan prioritaskan menata embung atau waduk jadi obyek wisata. Ada panggung hiburannya, kuliner, tempat bermain anak dan arena memancing ikan," kata Bambang.


Sebagai langkah awal, pihaknya akan mengusulkan hal ini ke tingkat provinsi agar cepat direalisasikan. 


Camat Cipayung, Iin Mutmainah menambahkan, dengan dijadikannya kawasan waduk menjadi obyek wisata, tentu akan meningkatkan perekonomian warga sekitar. Warga, kata Iin, bisa membuka usaha mulai dari kuliner, aksesori hingga kerajinan tangan lainnya. 


"Cipayung memiliki banyak potensi lahan yang dijadikan obyek wisata. Salah satunya Waduk Setu. Kita dorong untuk dijadikan obyek wisata," kata Iin.


Waduk seluas empat hektare ini, sekarang hanya dimanfaatkan warga untuk memancing dan sekadar rekreasi tanpa dilengkapi hiburan. Iin mengaku, sudah meminta unit terkait untuk mengecek kadar kandungan air serta kedalaman waduk agar bisa ditaburi benih ikan dan layak dijadikan sarana bermain air. (pr/kj/al)