Waduk Kesatriaan Dinormalisasi

By Al


nusakini.com - Jakarta - Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta berkolaborasi dengan Unit Pelaksana Kebersihan (UPK) Badan Air Dinas Lingkungan Hidup (LH) melakukan normalisasi Waduk Kesatriaan di Jalan Kesatriaan, RT 01/07, Kelurahan Cilincing, Cilincing Jakarta Utara.

Kepala Satuan Pelaksana SDA Kecamatan Cilincing Jakarta Utara, Tjahyono Budi Setiawan mengatakan, normalisasi waduk diawali dengan pembersihan enceng gondok dan sampah.

"Pengerjaan dimulai sejak Juni lalu. Hingga saat ini sudah berhasil diangkat 300 truk enceng gondok serta sedimen lumpur dan sampah," ujarnya

Tjahyono menjelaskan, untuk normalisasi area waduk seluas 3,8 hektar dan berkedalaman sekitar 20 meter tersebut dikerahkan dua unit alat berat dari Dinas SDA dan satu lainnya milik UPK Badan Air Dinas LH DKI Jakarta.

"Ada 14 personel yang dikerahkan dengan dua sif kerja. Saat ini pengerjaan juga dilakukan untuk penguatan struktur tepi waduk untuk mengurangi potensi terjadinya longsor," terangnya.

Ia menambahkan, selain fungsi utama sebagai pengendali banjir, area waduk juga akan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas agar juga menjadi ruang terbuka hijau yang bisa dimanfaatkan warga untuk beragam aktivitas.

"Nantinya, warga juga bisa memanfaatkan kawasan waduk untuk berolahraga karena bakal dilengkapi jogging track," tandasnya.