Wacana Soal Bulog Perikanan

By Admin


nusakini.com - Wakil Ketua Umum Kelautan dan Perikanan Kadin Indonesia Yugi Prayanto, di Jakarta, Kamis (19/5/2016) mengusulkan untuk aktifkan Bulog Perikanan, agar hasil nelayan tradisional di berbagai daerah kapan pun juga akan dapat terserap dan tidak sia-sia.

Menurut Yugi, penyerapan harga tangkapan dan hasil budidaya pelaku usaha perikanan juga harus dilakukan dengan sesuai dengan standar harga yang berlaku di pasaran. Oleh karena itu lembaga Bulog Perikanan itu harus terdapat hingga ke tingkat daerah-daerah terutama yang merupakan sentra produksi perikanan di Tanah Air. 

Sebelumnya Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam sejumlah kesempatan mengatakan akan memberdayakan kembali dua BUMN Perikanan untuk menjadi lembaga penyangga hasil kelautan dan perikanan, semacam Bulog untuk perikanan. 

Menurut Menteri Susi, dua BUMN itu akan bertugas guna menyerap hasil perikanan para nelayan di seluruh Indonesia seperti yang telah dilakukan selama ini oleh Perum Bulog dalam menyerap komoditas beras. 

"Ini agar harga di tingkat nelayan tidak jatuh," ucap Susi.(if/mk)