Wabah Tikus di Penjara Australia

By Nad

nusakini.com - Internasional - Wabah tikus di New South Wales, Australia memaksa sebuah penjara untuk mengevakuasi 420 tahanan dan juga 200 staf, menurut pihak berwajib.

Kemunculan tikus di Penjara Wellington merusak beberapa bagian dari gedung penjara tersebut, kabel internal dan plafon gedung tersebut terlihat mengalami kerusakan.

Komisioner Peter Severin mengatakan bahwa tahanan akan dipindahkan ke beberapa penjara lain, staf juga akan direlokasi sementara pihak yang bertanggung jawab akan berusaha mengatasi wabah tikus ini. Menurut Severin, kesehatan dan keselamatan staf dan tahanan adalah prioritas utama mereka.

Proses pengendalian ini juga akan sekaligus menginvestigasi bagaimana cara melindungi penjara dari wabah tikus yang akan datang.

Menurut peneliti dari CSIRO, Steve Henry, tikus-tikus tersebut masuk ke dalam penjara karena lokasi yang terletak di daerah terpencil. Penjara tersebut dikelilingi oleh ladang, sehingga tikus-tikus masuk untuk melindungi diri mereka saat cuaca di luar semakin dingin.

Wabah tikus sudah menjangkit beberapa bagian Australia sejak bulan Agustus tahun lalu. Banyak ladang dan rumah yang dirusak oleh wabah ini, mengakibatkan kerugian sebesar jutaan dollar. (dd)