Vaksin yang Meragukan Diberikan ke 140 Orang di Sebuah Rumah Sakit di Seoul, Korea Selatan

By Nad

nusakini.com - Internasional - Sekitar 140 orang di sebuah rumah sakit umum di Seoul, Korea Selatan, diberikan suntikan vaksin Pfizer yang meragukan pada minggu lalu. Vaksin ini dikabarkan telah melewati atau mendekati batas akhir penggunaan vaksin setelah dicairkan, menurut pihak kesehatan pada hari Sabtu (4/9).

Menurut pihak berwenang, Rumah Sakit Universitas Guro Korea di Seoul selatan menggunakan vaksin Pfizer yang mendekati atau melewati batas penggunaan setelah pencairan, saat vaksinasi yang dilakukan pada tanggal 26 dan 27 Agustus.

Paling tidak 140 orang mendapatkan vaksin meragukan yang seharusnya sudah dibuang tersebut. Beberapa dari mereka dilaporkan mendatangi UGD setelah mengalami reaksi yang tidak normal setelah divaksin.

Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea dikabarkan sedang mempertimbangkan apakah 140 orang tersebut akan divaksin kembali karena dikhawatirkan vaksin yang meragukan itu tidak efektif.

Pihak berwajib mengatakan vaksin COVID-19 dari Pfizer harus disimpan dalam keaadaan beku dan kemudian dicairkan dalam suhu ruangan saat akan digunakan.