Vaksin Pfizer Aman Digunakan untuk Anak Usia 5 sampai 11 Tahun

By Nad

nusakini.com - Internasional - Vaksin virus corona dari Pfizer/BioNTech dinyatakan "aman dan bisa ditoleransi dengan baik" serta memproduksi imun antibodi yang baik untuk anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun, menurut hasil pemenuan dari uji coba yang dilakukan di Amerika Serikat.

Para peneliti berencana untuk menyerahkan hasil penemuan tersebut ke regulator untuk mendapatkan persetujuan dalam memvaksinasi anak-anak di bawah usia 12 tahun, batasan usia yang sekarang berlaku.

Lebih dari 2.000 anak berpartisipasi dan disuntikkan dua dosis kecil dari vaksin tersebut. Hasil untuk anak di bawah 5 tahun diharapkan akan segera keluar.

Temuan tersebut, yang dibagikan melalui press release, merupakan penemuan pertama untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun. Uji coba menggunakan vaksin Moderna untuk anak usia 6 hingga 11 tahun juga sedang berlangsung.

Anak kecil yang dilakukan uji coba vaksin Pfizer diberikan dosis sebesar 10 microgram, lebih sedikit dari usia 12 tahun ke atas yang menggunakan 30 microgram. Respon antibodi dan efek samping bisa dibandingkan. Penelitian untuk anak di bawah 5 tahun diberikan dosis vaksin yang lebih kecil lagi.

Walaupun COVID-19 jarang mengakibatkan penyakit yang parah di anak kecil, mereka masih bisa terinfeksi dan menginfeksi orang lain, yang kemungkinan akan menjadi sakit parah.

Menurut ahli, hal ini tidak akan menghentikan virus menyebar, namun akan membantu siswa tetap bersekolah secara tatap muka.