Untuk Infrastruktur Penyediaan Air, Pemerintah Siapkan Rp.52,1 T

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Salah satu program andalan Pemerintah adalah percepatan pembangunan dibidang infrastrustur. Salah satunya adalah Sistempenyediaan Air Minum (SPAM) untuk memenuhi kebutuhan akan air minum dan air baku untuk masyarakat. Untuk pembangunan SPAM tersebut pemerintah telah menyiapka anggran sebesar Rp.52,1 triliun dari tahun 2015-2019

Hal tersebut disampaikan Direktur Pengembangan Air Minum Mochammad Nasir, Jumat (11/3/2016). "Sesuai RPJM, APBN untuk SPAM 2015-2019 Rp 33,9 T di Direktorat Jenderal Cipta Karya untuk bangunan produksi dan distribusi, Rp 18, 2 triliun di Direktorat Jenderak Sumber Daya Air (untuk air baku),” katanya

Menurut Nasir, pada tahun 2015, pemerintah telah menyelesaikan pembangunan bidang air minum meliputi 4 SPAM Regional yaitu SPAM yang dibangun untuk mengatasi keterbatasan air baku di beberapa kabupaten atau kota, 621 SPAM MBR untuk masyarakat berpenghasilan rendah, 229 SPAM Kawasan Khusus seperti daerah perbatasan, pulau kecil terluar, nelayan, destinasi wisata unggulan, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), dan 120 Penyehatan PDAM.

Untuk SPAM Regional yaitu yang melayani lintas Kabupaten, Kota, atau Propinsi untuk mengatasi keterbatasan air baku di beberapa Kabupaten atau Kota, yang sudah terbangun 2015 ada 4 yaitu, SPAM Kertamantul (Yogyakarta-Sleman-Bantul), Bregas (Brebes-Tegal-Slawi), (Banjarmasin-Kab.Banjar, Banjar Baru, Barito Kuala), dan Pasigala (Palu-Sigi-Donggala).

“Semua sudah terbangun dan berfungsi kecuali SPAM Pasigala karena jaringan air bakunya akan diselesaikan tahun ini,” ujarnya.(mk)
.