Umat Muslim Indonesia Bangun Masjid Berkapasitas 1000 Jemaah di Tokyo

By Admin

nusakini.com-- Umat Muslim Indonesia di Tokyo memulai proyek pembangunan Masjid Indonesia akhir pekan lalu. Rencananya mesjid yang bisa menampung 1000 jemaah ini bisa digunakan tahun depan.

Peletakan batu pertama pembangunan mesjid di Komplek Sekolah Indonesia Tokyo ini dilakukan  oleh Duta Besar RI untuk Jepang Dr. Yusron Ihza Mahendra.

“Mewakili pemerintah, saya mengucapkan terima kasih sekaligus mengapresiasi setinggi-tingginya atas prakarsa Anchorrencana yang sangat mulia ini dan mudah-mudahan Allah Subhanahu Wata’ala meridhoi niat baik segala ikhtiar dalam rangka mewujudkan masjid Indonesia di Tokyo ini,” ujar Yusron, seperti yang disiarkan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo.

Rencana pembangunan masjid Indonesia Tokyo sebenarnya sudah diinisiasi sekitar 15 tahun yang lalu oleh para pengurus KMII dan para tokoh serta cendekiawan Indonesia yang ada di Tokyo.

Ketersediaan dana dan penentuan lokasi masjid menjadi kendala pada beberapa waktu yang lalu, namun akhirnya dengan dukungan dan intensitas komunikasi serta strategi penggalangan dana antara pengurus KMII, KBRI Tokyo dan Kemenlu-RI, maka penentuan lokasi dan penyediaan dana untuk konstruksi utama masjid dapat dilaksanakan tahun ini. Direncanakan Masjid Indonesia Tokyo akan selesai pada April 2017 mendatang. 

“Kita berharap para pengurus Masjid nanti akan mengembangkan program-program yang akan membawa manfaat dan kesejahteraan bagi masyarakat muslim setempat. Saya ingin berpesan bahwa mudah-mudahan masjid ini tetap bisa menebarkan Islam yang rahmatan lil aalamiin di Jepang,” kata Yusron.

Menurut KBRI Tokyo, pembangunan masjid ini sejalan dengan upaya Pemerintah Jepang yang sedang giat menggalakkan program produk-produk halal bagi warga muslim dari wilayah ASEAN termasuk Indonesia, sehingga dengan terwujudnya masjid Indonesia Tokyo ini akan menambah fasilitas ibadah di Jepang sekaligus sebagai sarana syiar Islam di Jepang bahwa Islam yang sesungguhnya adalah yang mampu memberi manfaat kehidupan kepada orang lain.(v/ab)