UKM Berbasis Digital Mampu Pacu Pertumbuhan Ekonomi

By Admin

Usaha Kecil Menengah (UKM)  dinilai menjadi faktor penting pertumbuhan perekonomian Indonesia yang tiap tahun mengalami pertumbuhan 5%. Persentase tersebut bisa meningkat jika semakin banyak UKM yang memanfaat teknologi digital.

Hal itu diungkapkan Head of Corporate Communications Google Indonesia, Jason Tedjasukmana ketika berkunjung ke Semarang. Berdasarkan riset, dalam satu dekade terakhir tercatat tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia yaitu 5% per tahun. "Berdasarkan riset misalnya sekarang pertumbuhannya 4,6%, kalau mau tambah 2% lagi, bisa dicapai. Kami pakai riset  access global economy," kata Jason.

Indonesia memiliki target menjadi negara berpendapatan menengah pada tahun 2025. Oleh sebab itu perlu adanya peningkatan pertumbuhan ekonomi menjadi 7% agar targetnya tercapai. "UKM itu tulang punggung perekonomian Indonesia," tegasnya.

Untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi tersebut, lanjut Jason, perlu lebih banyak lagi UKM yang terlibat dalam sektor ekonomi digital. Dengan pemanfaatan teknologi digital UKM dapat tumbuh lebih cepat dari segi pendapatan dan penyediaan lapangan kerja, serta menjadi lebih invovatif dan kompetitif menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN (MEA). "Kami ingin tunjukan bisnis sekecil apapun, dimanapun, dengan biaya berapapun bisa maju asal mereka memiliki strategi online," tandasnya.

Dari data yang diperoleh, 36% UKM di Indonesia masih offline, dan 37% hanya memiliki kemampuan onlineyangsangat mendasar atau basic,18% memiliki kemampuan online menengah, dan baru 9% yang memiliki kemampuan bisnis online lanjutan.

"Setahu saya dari data Kementerian Koperasidan UKM, ada 55 sampai 56 juta UKM di Indonesia dan baru sekitar 75 ribu sampai100 ribu yang punya website,tidak sampai 1%. Bayangkan kalau di-double dan bisa sampai 10%, pasti berdampak pada perekonomian Indonesia," terangnya.

Dari hasil riset itu, UKM yang menggunakan teknologi digital bisa menaikan pendapatan hingga 80%, 17 kali lebih mungkin menjadi inovatif, menjadi lebih kompetitif di dunia internasional, dan satu setengah kali lebih mungkin meningkatkan kesempatan kerja.

Selain itu ekonomi digital  tidak hanya tentang memajukan bisnis, namun juga bahan baku utama model bisnis seperti pembuatan software atau pencipta konten.

"Sangat penting untuk melihat strategi. Misanya menggunakan Google, banyak tools, bisa menggunakan maps bisa google my business. Youtube, kalau mulai maju bisa pakai google AdWords yaitu sistem periklanan google berbayar," terangnya.*