UIT Undang Konsulat Jepang

By Admin

nusakini.com--Kepala Kantor Konsulat Jepang di Makassar, Mr. Masaki Tani, dijadwalkan memberikan kuliah umum di Universitas Indonesia Timur (UIT) pada 3 Agustus 2016. Demikian diungkapkan Humas UIT, Zulkarnain Hamson, usai bertemu staf Konsulat Jepang, Rabu (4/5/2016). 

Sedianya Mr. Masaki Tani, akan memberikan kuliah umum pada pertengahan Mei ini. Namun, namun jadwalnya berubah dikarenakan keberangkatannya ke Jepang dan akan kembali pada awal Juni 2016. Pertimbangan lain juga dikemukakan Rektor UIT, Prof. Dr. H. Baso Amang, SE, MSi, yang meminta pelaksanaan usai Idul Fitri.

Menurut Prof. Baso, kuliah umum yang menghadirkan pembicara dari luar kampus, terlebih perwakilan negara menjadi kredit poin tersendiri bagi jajaran civitas akademika. "ini mengarahkan pemikiran dan perkembangan UIT menuju perguruan tinggi yang berkualitas," paparnya, dan akan dihadiri ratusan mahasiswa dari berbagai fakultas dan program studi.

Pekan kemarin, Wakil Rektor IV UIT, Prof. Dr. Wahyuddin, yang membidangi kerjasama, menyebutkan langkah ini adalah bagian dari yang pernah dirintis UIT beberapa tahun lalu, . "Kita akan menjajaki peluang kerjasama dan kemitraan baik antar kampus, maupun dengan mitra usaha, melalui kehadiran Konsuler Jepang," ujarnya.

"Jepang memiliki banyak keunggulan di sisi pendidikan budaya, seni dan teknologi," ujar Prof. Wahyu. Hal senada juga diungkapkan Prof. Baso, yang melihat komitmen pemerintah Jepang melalui pembangunan wilayah di Indonesia, yang membuka pertumbuhan dan akses ekonomi masyarakat di Indonesia, terutama di Sulawesi Selatan.

Melalui staf konsuler Jepang, dijelaskan Zulkarnain, diperoleh informasi kesediaan Mr. Masaki Tani, menghadiri undangan pimpinan UIT, dikarenakan selama ini, pemerintah Jepang telah menunjukkan atensi pada Kawasan Timur Indonesia (KTI). Lebih jauh lagi dibuktikan selama kurang lebih 30 tahun bersama dengan JICA telah melaksanakan sekitar 60 proyek di wilayah KTI.(p/ab)