UIT Lakukan Perbaikan Data Mahasiswa

By Admin


nusakini.com - Makassar - Program kerja 2016, Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT), Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar saat ini adalah melakukan pendataan mendetail  mahasiswa seperti yang di butuhkan pendidikan Tinggi (Dikti). Hal ini dikaitkan untuk memenuhi tuntutan badan standarisasi ISO 9001:2008.

Tahun 2016 ini, UIT menargetkan akan mendapatkan akreditasi internasional pada Mei mendatang. Saat ditemui Sabtu (26/3/2016), Kepala PDPT UIT, Zulkifli, SE, MM, menyatakan akan segera menyelesaikan pelaporan yang diminta Dikti maupun dalam rangka memasuki tahapan sertifikasi ISO.

"Semester ini semua data yang diminta Dikti maupun yang diminta standar ISO akan saya lengkapi," ungkapnya.

Kendala yang menjadi penghambat pada pelaporan data yang diminta Dikti pada priode sebelumnya disebabkan karena pelaporan yang tidak lengkap dan data yang terhambat itu karena prosedur yang tidak berfungsi sebagaimana job deskripsi yang sudah ditentukan.

"Biasanya data dilaporkan tiap Tiga semester dari fakultas sehingga data terlambat terinput dan kita di PDPT juga sedikit kewalahan melakukan pelaporan data, saat bertumpuk," ujar zul.

Sesuai ketentuan dari Dikti yang meminta data di laporkan setiap semester, namun hal ini tidak di penuhi sehingga Dikti melakukan audit.

Saat ini PDPT konsentrasi dalam melakukan penginputan data mahasiswa, data dosen, data transaksi dan data lain yang dituntut Dikti.

PDPT juga meminta ke Dikti untuk membuka pelaporan periode untuk membenahi data.  "Semua data kami sudah lengkap, tinggal menunggu pembukaan pelaporan periode ke Dikti," ujarnya menanggapi sejumlah data lulusan yang bermasalah karena terlambat pelaporan.(ab)