UIN Syarif Hidayatullah Ranking 6 Google Scholar Citation Nasional

By Admin

nusakini.com-- UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berhasil mencatatkan rangking ke-6 pada pengukuran Google Scholar Citations perguruan tinggi skala nasional. Capain ini sekaligus menempatkan UIN Jakarta pada posisi pertama ranking Google Scholar Citations di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTIKN). 

Dikutip dari data Google Scholar Citations edisi Juli 2016 sebagaimana dirilis BERITA UIN Online, Sabtu (30/07), diketehui bahwa posisi UIN Jakarta berada di belakang Universitas Gadjah Mada (1), Institut Teknologi Bandung (2), Universitas Pendidikan Indonesia (3), Universitas Indonesia (4), dan Universitas Diponegoro (5). 

Menduduki ranking ke-6, menenpatkan UIN Jakarta berada di atas Universitas Brawijaya (7), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (8), Institut Pertanian Bogor (9), dan Universitas Padjajaran (10). Sedang di lingkungan PTKIN, posisi UIN Jakarta jauh di atas posisi UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang menempati urutan ke-64 nasional dan UIN Sultan Syarif Jasin ke-72 nasional. 

Google Scholar Citations merupakan pengukuran yang didasarkan pada hasil penelitian para ilmuwan sebuah perguruan tinggi dan pengutipan atas produk-produk penelitian tersebut. Rektor UIN Jakarta Prof. Dr. Dede Rosyada MA sebelumnya mengungkapkan Google Scholar Citations menjadi salah satu skala pengukuran yang dipertimbangkan dalam pengembangan UIN Jakarta kini dan mendatang. Menurutnya, pengutipan atas karya akademik dosen merupakan salah satu indikator penting dunia dalam mengakui UIN Jakarta. 

Selain itu, berdasarkan data webometrics, pada periode Juli 2016 ini, UIN Syarih Hidayatullah Jakarta berada pada ranking ke-36 perguruan tinggi seluruh Indonesia dan ranking pertama untuk PTKIN. Selengkapnya sila klik: ranking perguruan tinggi di Indonesia. (p/ab)