Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri dari Bintang Liverpool

By Abdi Satria


nusakini.com-Liverpool- Sadio Mane, striker Muslim Liverpool, mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H kepada umat Islam seluruh dunia. Hari Raya Lebaran jatuh pada Ahad (24/5) ini. 

Dalam postingan akun Instagramnya sadiomaneofficiel, Mane mengunggah foto dirinya sedang berdoa dengan berseragam jersey Liverpool. Warna merah yang merupakan warna khas Liverpool --sesuai nama julukannya The Reds, menjadi warna latar fotonya.

Terlahir sebagai anak seorang imam di Desa Bambali, Provinsi Sedhiou, Senegal, tampaknya membuat Sadio Mane paham hadis Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wasallam tentang sosok manusia ideal di muka bumi. Rasulullah dalam salah satu sabdanya menyebut sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.

Mane sudah mengerjakan anjuran Baginda Nabi ini. Dari lingkup kecil, Mane membangun rumah untuk ditinggali paman-paman dan keluarga besarnya. Berikutnya, Mane secara teratur mendermakan sebagian gajinya yang besar untuk sejumlah keluarga miskin di Bambali sana.  

Belum cukup, winger 27 tahun ini telah membangun sekolah menengah gratis di Bambali dengan biaya 200 ribu pound (Rp 3,9 miliar) pertengahan tahun lalu. Paman Mane, Sana Toure, membacakan pesan dari keponakannya dalam seremoni pembangunan sekolah itu. 

"Pendidikan sangat penting. Ini bisa membuat kalian punya karier yang bagus," bunyi pesan kepada anak-anak kecil dan remaja di Bambali, dikutip dari Talksport. 

Kedermawanan Mane tak berhenti. Terbaru, Mane mendonasikan 41 ribu pound (Rp 800 juta) untuk layanan kesehatan Senegal memerangi virus corona. (r/ab)