Turkuaz, Restoran Auntentik Turki di Jakarta Selatan

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Pada saat pertama kali anda melihat restauran ini dari depan mungkin anda akan mendapatkan kesan restoran Turkuaz ini adalah restoran yang sederhana. Tetapi, begitu anda masuk ke dalam, anda pasti akan terkejut karena mata anda akan dimanjakan dengan design interior restoran yang sangat unik dengan sentuhan Turki nan mewah dan modern. Salah satu ornamen yang menarik dan mencolok pada saat anda di dalam restoran adalah ornamen lampu gantung khas Turki yang artistik dan warnanya yang kontras membuat nuansa Turki semakin kental.

Menu-menu di Turkuaz memang terasa istimewa karena dibuat dari bahan-bahan yang diimport khusus dari Turki dan Timur Tengah yang dipilih dengan seksama untuk memastikan bahan yang digunakan adalah kualitas terbaik dan paling segar serta diawasi oleh Chef Sezai Zorlu selaku Head Chef and Owner. Chef Zorlu juga dikenal sebagai ambassador of Turkish cuisine di Indonesia sejak tahun 1999, jadi sudah terbayang kan lezatnya makanan di restoran Turkuaz ini. 


Turkuaz memiliki menu pembuka yang sangat special dan bisa dibilang menu wajib untuk setiap tamu yang datang, yaitu Mezze Platter. Dalam tradisi Turki, Mezze adalah menu pembuka yang tidak boleh dilewatkan, terutama pada saat makan bersama kerabat atau keluarga. Mezze Platter ini terdiri dari Humus (bubur buncis dengan olive oil), Babaganuc (terong dan paprika bakar), Gavurdagi Salatasi, Ispanaki Peynirli Borek, dan dimakan dengan Roti Pita. 

Sedangkan untuk menu utama, Turkuaz juga memiliki banyak menu yang tidak kalah menggoda, salah satu menu yang menjadi ciri khas adalah menu Lamb Shank atau kaki kambing yang dipanggang dengan oven kayu semalaman sampai empuk dan disajikan dalam berbagai jenis menu, dan ada juga berbagai macam menu Kebab yang yang direkomendasikan. Tetapi, kali ini saya ingin mencoba menu diluar referensi dari waitress karena setelah mencicipi menu pembuka tadi, saya sudah yakin menu yang direferensikan sudah pasti rasanya luar biasa dan pilihan saya kali ini yaitu chicken dorme. 


Pada saat menu chicken dorme disajikan dihadapan saya, tampilannya tidak kalah mewahnya dengan menu pembuka tadi. Dan saat saya mencicipi rasanya pun luar biasa, daging ayam terasa lembut dengan bumbunya yang autentik yang benar-benar meresap ditambah dengan saus yang manis dan sedikit rasa asam yang terasa fresh dimulut akan membuat lidah anda semakin dimanjakan. 

Selain restoran, Turkuaz juga memiliki Baklava House, yang pertama dan satu-satunya di Asia. Baklava adalah tradisional kue khas turki dengan beberapa lapis filo yang diisi dengan kacang cincang yang terasa manis dan merupakan makanan khas dari masa Kekaisatan Ottoman. Selain itu Turkuaz juga memiliki gallery dimana anda dapat menikmati bahkan membeli karya seni dari Turki seperti karpet, sajadah, tea cup, dan lain-lain. 

Sedikit saran jika anda berencana untuk makan di Turkuaz, pastikan anda melakukan reservasi sebelumnya karena restoran ini sangat ramai terutama pada akhir pekan. 

Turkuaz

Jl. Gunawarman no 32

Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Telp. 021-7279 5846/ 021-7279 5853

(fn)