Tradisi Baik Mudik Bersama Harus Dipertahankan

By Admin

nusakini.com-- Kementerian Energi Dan Sumberdaya Mineral kembali selenggarakan acara mudik bersama keluarga besar ESDM. Mudik bersama kali ini diikuti 1.458 peserta yang terdiri dari pegawai golongan I, II dan honorer. Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral kepeda peserta mudik agar dapat menjaga kesehatan sehingga dapat memanfaatkan momentum silaturahminya. 

“Peristiwa Ramadhan, lebaran adalah peristiwa yang sangat baik momentum sangat baik untuk meningkatkan silaturahmi dengan keluarga dan ibu, bapak semua akan menjalankan ibadah itu bersilaturahmi dengan keluarga,” ujar Menteri Energi Dan Sumberdaya Mineral, Sudirman Said sesaat sebelum melepas peserta mudik lebaran hari ini, Jumat (1/7). 

“Saya mengucapkan selamat jalan, selamat ber-reuni bersilaturahmi dan mudah-mudahan ikhtiar dari ibu dan bapak sekalian mendapatkan pahala dari Allah SWT,” lanjut Menteri Energi Dan Sumberdaya Mineral, Sudirman Said sesaat sebelum melepas peserta mudik.

Selanjutnya Sudirman berpesan agar para peserta mudik dapat menjaga kesehatannya agar dapat memanfaatkan momentum silaturahminya. “Jaga kesehatan jangan sampai sesampainya di kampung halaman malah sakit dan kepada awak bus para pengemudi jaga keselamatan paling penting. Tidak ada gunanya cepat kalau pas disana ada masalah-masalah,” terang Sudirman. 

“Mudik Bersama bagi para pegawai di lingkungan Kementerian ESDM merupakan salah kegiatan rutin yang setiap tahun dilaksanakan Kementerian ESDM khusus untuk pegawai golongan I, II dan tenaga honorer yang akan merayakan lebaran bersama keluarga di kampung halamanya masing-masing,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Teguh Pamudji dalam laporannya. 

“Angkutan disediakan secara gratis tanpa dipungut biaya apapun dan bagi keluarga yang akan mudik diberikan empat tempat duduk,” lanjut Teguh. 

Tahun 2016 ini, mudik bersama Kementerian ESDM armada bus yang tersedia sebanyak 28 unit bus meninkat dari tahun sebelumnya yang hanya 16 unit bus. Armada bus-bus tersebut merupakan sumbangan (sponsorship) dari beberapa BUMN antara lain, PT. Pertamina (Persero) sejumlah 10 unit bus berkapasitas 59 seat/bus, PT. PGN (Persero) Tbk. sejumlah 6 unit bus berkapasitas 47 seat/bus. PT. Tambang Batubara Bukit Asam Tbk. sejumlah 3 unit bus berkapasitas 50 seat/bus, PT. Aneka Tambang Tbk. sejumlah 3 unit bus berkapasitas 59 seat/bus PT. Timah Tbk. sejumlah 1 unit bus berkapasitas 59 seat/bus dan PT. PLN Tbk. sejumlah 5 unit bus, 4 berkapasitas 40 seat/bus dan 1 bus berkapasitas 50 seat/bus. (p/ab)