Tour Jokowi: Tol Merak Ke Pasuruan Telah Tersambung

By Admin


nusakini.com - Yogyakarta - Ada tujuh (7) ruas Tol Trans Jawa akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kamis (20/12/2018. Olehnya, menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, dipastikan Tol Trans Jawa dari Merak Banten sampai Pasuruan Jawa Timur telah tersambung.

"Besok yang akan diresmikan tujuh ruas bagian dari Merak-Pasuruan. Di Jawa Timur ada empat ruas, di Jawa Tengah ada tiga ruas. Makanya diresmikan di dua tempat," ujar Basuki kepada wartawan di Komplek UGM, Yogyakarta, Rabu (19/12/2018).

Basuki menjelaskan dalam peresmian ini Presiden Jokowi akan melakukan tour dari Surabaya sampai Semarang. 

Seusai meresmikan empat ruas tol di Jawa Timur, Presiden Jokowi akan melanjutkan perjalanan ke Kalikuto yang lokasinya berada sebelah barat Semarang. Di tempat ini Jokowi akan meresmikan tiga ruas tol. 

"Dari Kalikuto diresmikan di sana tiga ruas, di Jawa Tengah ada Pemalang-Batang, Batang-Semarang, dan Salatiga-Kertosuro. Kalau yang di Jawa Timur itu di antaranya Wilangan-Kertosono, Gempol-Porong, Pasuruan-Grati, ada tujuh ruas kira-kira," ucapnya.

Sebagai informasi, ketujuh ruas tol tersebut dioperasionalkan secara gratis sampai akhir tahun. Baru pada awal tahun 2019 ketujuh tol tersebut akan dipasang tarif yang saat ini besarannya masih dihitung pemerintah. (sm/mr)