TNI Sudah Masuk Wilayah Filipina, Sisa Tunggu Arahan Pemerintah Setempat

By Admin


nusakini.com - Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, di kompleks Istana Negara, Jakarta, Kamis (30/6/2016) malam memastikan TNI bisa membantu rencana penyelamatan WNI yang disandera di Filipina. Saat ini pasukan TNI sudah masuk ke wilayah Filipina. 

“Kemarin kan kita belum diperbolehkan masuk untuk mengejar. Kalau sekarang sudah dibolehkan. Kita bisa kejar sampai ke darat,” ujar Ryamizard. 

Menurut Ryamizard, TNI sudah siap dari dulu jika diminta selamatkan WNI dari penyanderaan di Filipina. Namun, tetap bergantung pada perizinan dari pemerintah Filipina. 

Meski TNI sudah di wilayah Filipina, pemerintah setempat belum memberikan arahan selanjutnya. 

“Di darat pada prinsipnya boleh tapi belum didetailkan. Kalau di laut boleh di darat prinsipnya boleh tapi harus dibicarakan lagi,” katanya. 

Jika jadi ada operasi penyelamatan WNI, pasukan tetap akan dipimpinan tentara Filipina. TNI akan tetap mengikuti aturan yang ada. Saat ini sudah ada sekitar 7000 tentara Filipina yang mengepung kawasan penyanderaan itu. 

“Masih dikepung terus. Kan presiden baru ini (Rodrigo Duterte) mau ngajak negosiaisi. Kita lihat saja,” pungkasnya.(ifm/mk)