Tingkatkan Penggunaan Pembayaran Digital, GenBI Unhas Sosialisasikan QRIS

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar--Pada 19-30 November, Komunitas Generasi Baru Indonesia Komisariat Universitas Hasanuddin (GenBI Unhas) menyelenggarakan program kerja PubliQRIS. Program PubliQRIS memiliki tujuan untuk meningkatkan tingkat partisipasi masyarakat dalam menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) sebagai alat pembayaran digital utama dalam bertransaksi. Melihat UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) menjadi salah satu aktor penting yang berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto Indonesia maka GenBI Unhas melakukan program kerja lanjutan yaitu PubliQRIS setelah Entrepreneurship Visit yang sebelumnya menyasar kepada instalasi QRIS pada UMKM.

Kegiatan PubliQRIS dilakukan melalui pembagian beberapa kelompok sukarelawan yang mendatangi beberapa titik lokasi seperti, Kantin-kantin di Universitas Hasanuddin, Rumah Makan Alhamdulillah, dan Kawasan Pasar Segar untuk melakukan sosialisasi QRIS. Sosialisasi dilakukan dengan penyebaran poster, pemasangan banner, dan mengedukasi beberapa orang yang berada di lokasi sosialisasi, tak hanya itu GenBI Unhas juga memberikan bingkisan sebagai bentuk apresiasi kepada beberapa pengguna QRIS yang menunjukkan transaksi mereka melalui QRIS.

Ketua pelaksana kegaiatan PubliQRIS, Radia Mardiana, menyatakan antusiasmenya mengenai kegiatan PubliQRIS “Sebagai salah satu panitia yang terlibat, Saya merasa bahwa kegiatan PubliQRIS ini membuat Saya lebih memahami apa itu QRIS. Di sisi lain, Saya merasa bahwa dengan adanya kegiatan PubliQRIS ini bisa membuat masyarakat khususnya mahasiswa yang belum memahami dan mengetahui apa itu QRIS menjadi tahu karena adanya sosialisasi yang kami lakukan.” ucapnya.(rilis/Rajendra)