Timnas Wanita Fokus Kembalikan Kondisi Terbaik Jelang Laga Perdana

By Abdi Satria


nusakini.com-Manila-Sesampainya di Filipina, timnas wanita langsung bergerak cepat dengan menggelar sesi latihan. Sesi latihan perdana di Filipina pun digelar di stadion Binan, yang sedianya akan menjadi venue pertandingan Piala Wanita AFF 2022. Sesi latihan yang dipimpin langsung oleh pelatih Rudy Eka ini dimulai pukul 16.00 waktu lokal selama kurang lebih 1,5 jam.

“Hari ini kami langsung memberikan porsi latihan bagi para pemain, dimulai dengan recovery training terlebih dahulu karena perjalanan dari Indonesia sejak kemarin, dan utamanya mengembalikan kebugaran mereka. Ada juga materi lainnya menyangkut transisi serta penguatan game plan untuk tanding nanti” ujar asisten pelatih timnas wanita Yopie Riwoe.

Sesi latihan sore dimulai dengan jogging mengelilingi lapangan, koordinasi per individu, dan memantapkan komunikasi serta kekompakan tim saat bermain juga small side game.

“Hari ini kami berlatih dengan kondisi cuaca yang cukup panas, kurang lebih sama dengan di Indonesia. Banyak materi yang diberikan sebagai penguatan saja atas apa yang sudah kita dapatkan di Indonesia. Alhamdulillah hari ini adaptasi lapangan dan permainan berjalan dengan lancar” ujar bek skuat Garuda Pertiwi, Tia Darti.

Latihan ini masih menjadi rangkaian persiapan Garuda Pertiwi yang akan melakoni gelaran Piala Wanita AFF 2022. Timnas wanita akan menghadapi Thailand di laga perdana pada 4 Juli 2022 nanti. Dalam rentang waktu masing-masing 2 hari setiap pertandingannya, skuat polesan Rudy Eka kemudian akan berhadapan dengan masing-masing Malaysia, Australia, Filipina dan Singapura.

Tiga dari lima tim yakni Thailand, Australia dan Filipina merupakan lawan sama yang dihadapi timnas wanita saat gelaran Piala Wanita Asia bulan Januari lalu. Sementara Singapura merupakan tim yang dihadapi pada kualifikasi Piala Wanita Asia di Tajikistan.

“Bertemu dengan lawan yang sama di Piala Wanita Asia yang lalu akan menjadi pengalaman kedua bagi kami di tahun ini. Dengan sudah pernah bertemu sebelumnya, artinya kita bisa tahu prediksi komposisi mereka dan bagaimana menghadapinya. Semoga bisa tampil maksimal” tutup Tia Darti. (rls)