Tim PkM UMI Gelar Pelatihan Edukasi Makanan Bergizi Seimbang dan Pengukuran Status Gizi Ibu Hamil

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Takalar--Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (Tim PkM UMI) yang terdiri atas Nesyana Nurmadilla, Asrini Safitri, dan Sri Wahyuni Gayatri baru-baru ini melaksanakan kegiatan PkM di Desa Sanrobone Takalar. Kegiatan PkM dengan judul Pelatihan Edukasi Makanan Bergizi Seimbang dan Pengukuran Status Gizi Ibu Hamil ini melibatkan sepuluh orang kader puskesmas Kecamatan Sanrobone Takalar. Desa Sanrobone dipilih sebagai lokasi kegiatan PkM karena dari data penelitian didapatkan bahwa masih banyak ibu hamil di desa ini yang belum memenuhi anjuran makanan bergizi seimbang dan belum mencapai rekomendasi kenaikan berat badan yang ideal selama masa kehamilan.

Kegiatan PkM berlangsung pada tanggal 30 Desember 2021 di aula Puskesmas Kecamatan Sanrobone. Pada kegiatan ini, tim PkM memberikan pemaparan tentang prinsip gizi seimbang untuk ibu hamil, manfaat zat-zat gizi bagi kesehatan ibu dan janin, serta bahan makanan sumber gizi. Setiap peserta juga mempraktikkan cara melakukan pengukuran berat badan, tinggi badan, dan lingkar lengan atas dengan benar. Selain itu, peserta juga diajarkan cara menginterpretasikan hasil pengukuran dan cara menghitung kenaikan berat badan yang ideal selama masa kehamilan.

Setelah mengikuti kegiatan PkM ini, para kader puskesmas diharapkan mampu mendeteksi status gizi kurang/ buruk pada ibu hamil, memberikan edukasi tentang makanan bergizi seimbang untuk ibu hamil, serta menyampaikan rekomendasi kenaikan berat badan yang ideal untuk ibu hamil. Dengan demikian diharapkan janin dapat bertumbuh dan berkembang secara optimal sehingga bayi lahir dalam kondisi sehat. Adanya kegiatan PkM ini juga diharapkan memberikan kontribusi secara tidak langsung terhadap penurunan kejadian stunting di Kabupaten Takalar.(rilis)