Tiket Candi Borobudur untuk Turis Lokal akan Melambung ke Rp.750 Ribu

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Pemerintah berencana untuk menaikkan harga tanda masuk Candi Borobudur di Jawa Tengah seiring dengan adanya wacana untuk membatasi kuota turis sebanyak 1.200 per hari. 

Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, wisatawan lokal akan dikenakan tarif Rp750.000 per orang, sedangkan turis mancanegara $100 atau sekitar Rp1.440.000.

“Khusus untuk pelajar, kami berikan biaya Rp5.000 saja,” tulis Luhut dalam akun instagramnya, sambil menambahkan langkah tersebut merupakan upaya pemerintah menjaga kelestarian sejarah dan budaya nusantara.

Dikutip dari VOA, sebagai perbandingan, harga tiket Candi Borobudur saat ini dibanderol di harga Rp50.000 untuk wisatawan lokal dewasa, berdasarkan penelusuran VOA di ticket.borobudurpark.com. Adapun turis mancanegara dipatok di harga $25 per orang. Sedangkan turis domestik dan asing anak-anak saat ini harga perlu membayar masing-masing Rp25.000 dan $15.

Selain menuliskan soal rencana kenaikan harga tiket, Luhut juga menggarisbawahi kewajiban bagi wisawatan untuk menggunakan tour guide yang berasal dari masyarakat di sekitar kawasan candi. Hal itu, kata Luhut, akan dapat menyerap lapangan kerja baru dan “rasa memiliki” terhadap Borobudur. (*)