nusakini.com - Jakarta - Tiga jalan di wilayah Kelurahan Rawa Badak Selatan, Jakarta Utara, diprogramkan menjadi gang hijau. ketiga jalan yang diprogramkan menjadi gang hijau yakni, Jl Mawar Terusan, Jl K II dan Jl Z. 

Lurah Rawa Badak Selatan, Sutardjo mengatakan, untuk merealisasikan program gang hijau tersebut pihaknya tidak hanya menggencarkan potnisasi, tapi juga mengecat seluruh bangunan dengan warna hijau.

"Sejauh ini pogram gang hijau tersebut didukung oleh seluruh warga. Sebagian warga bahkan membeli sendiri cat untuk rumahnya. Mereka serahkan ke kita dan petugas PPSU yang mengecat," katanya

Diakui Sutardjo, program gang hijau tidak lepas dari persiapan menyambut penilaian Adipura 2018. Sebab, ketiga jalan tersebut juga masuk dalam titik penilaian.

"Kami lengkapi dengan tong sampah pilah. Sejauh ini sudah 15 yang kita pasang," ujarnya.

Salah seorang warga RT 09/05 Rawa Badak Selatan, Cici Sumarni (47) mengatakan, selama ini warga sudah menggalakkan program potnisasi secara swadaya. Selain itu warga juga sudah memiliki komposter, tempat pemilahan dan bank sampah sejak beberapa tahun belakangan.

"Program gang hijau sejalan dengan semangat warga. Sekarang lingkungan kami jadi lebih bersih dan indah," tandasnya.(pr/kj/al)