Tidak Seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi Bukan Pemimpin

By ommed


nusakini.com - Mantan pemain Barcelona Emmanuel Petit menyebut Lionel Messi tidak punya jiwa pemimpin seperti Cristiano Ronaldo.

Messi kesulitan untuk memberikan pengaruhnya sebagai kapten Argentina sejauh ini di Piala Dunia 2018, dengan negaranya kini berada di ujung tanduk menyusul kekalahan 3-0 dari Kroasia pada Jumat (22/6) kemarin.

Berkebalikan dengan Messi, Ronaldo justru sanggup memikul timnya di timnas Portugal lewat hat-trick dalam hasil imbang 3-3 melawan Spanyol di laga perdana, sebelum kemudian mencetak gol semata wayang dalam kemenangan atas Maroko.

Petit mengatakan: “Dia [Messi] bukan pemimpin. Dia tidak seperti Ronaldo. Messi merupakan salah satu pemain terbaik di dunia, namun dia perlu menunjukkan mentalitas tersebut,” ujarnya kepada Paddy Power.

“Dia perlu bangun! Ketika sesuatunya berjalan baik bersama Barcelona, dia adalah pemain luar biasa.

“Kita pernah melihat itu di Liga Champions. Ketika sesuatunya tidak berjalan dengan baik, dia menghilang di lapangan.

“Dia tidak ada di sana lagi. Dia tidak berlari, dia cuma berjalan. Dia tidak khawatir soal bola sama sekali. Ayolah, yang benar saja!”

Argentina, yang untuk saat ini berada di urutan terbawah Grup D dengan satu laga tersisa, dinilai Petit takkan mampu melenggang ke fase gugur.

“Bahasa tubuh tim tersebut begitu buruk, tidak ada percaya diri, tidak ada kepercayaan satu sama lain,” lanjut Petit. “Dengan melihat itu, saya tidak yakin Argentina bisa lolos.

“Ini akan menyedihkan jika kita melihat mereka lolos, karena melawan Islandia saja mereka bermain buruk, tanpa inspirasi, tak ada sama sekali.

“Dan manajer [Jorge] Sampaoli melakukan banyak kesalahan sejak awal turnamen, dalam pemilihan tim, melakukan pergantian pemain, semuanya.

“Kalian ingat ada begitu banyak tim Argentina dengan skuat hebatnya di masa lalu, namun tim ini jauh dari itu. Mereka sangat buruk.” (fft/om)