The 1st Millennial Indonesian Agropreuners (MIA) Expo: Kiprah Generasi Milenial dalam Pembangunan Pertanian

By Al


nusakini.com - Bogor - Bertempat di Botani Square, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar The 1st Millennial Indonesian Agropreuners (MIA) Expo dengan tajuk Kiprah Generasi Muda Milenial dalam Pembangunan Pertanian, mulai tanggal 18 hingga 21 April 2019. 


Menurut Kepala BPPSDMP Kementan Momon, Kementan dalam hal ini badan penyuluhan dan pengembangan sumberdaya manusia pertanian (BPPSDMP) telah me rebranding profesi petani di Indonesia melalui transformasi 6 sekolah tinggi penyuluhan pertanian (STPP) menjadi politeknik pembangunan pertanian (POLBANGTAN) yakni Polbantang Medan, Bogor, Jokjakarta, Malang, Magelang, Gowa dan Manokwari.


“Selain itu 3 SMK penyuluhan pertanian dibawah BPPSDMP pun sedang dalam proses menjadi polbangtan ditambah 1 politeknik engenering pertanian indonesia (PEPI)”, ujar Momon, Kamis (18/4/2019)


Menurut Momon, satu pemberdayaan oleh BPPSDMP yaitu penumbuhan wirausahawan muda pertanian (PWMP), PWMP adalah upaya penumbuhan dan peningkatan minat dan jiwa kewirausahawan generasi muda dibidang pertanian khususnya mahasiswa dan alumni polbangtan siswa SMK PP dan alumni perguruan tinggi pertanian.


Adapun tujuan dari penyelenggaraan dari Millenial Indonesia Agropreneurs (MIA) dan EXPO Polbangtan ini untuk mempromosikan dan menginformasikan kepada publik terkait dengan kelompok wirausaha muda pertanian yang berhasil. 


“Mangangkat dan mempopulerkan hasil karya inovasi dari kelompok wirausahawan muda pertanian serta membuka peluang kerjasama dan investasi dan mempromosikan polbangtan, smk pp, politeknik engenering pertanian Indonesia serta memberikan wahana hiburan yang mendidik, kreatif, inovativ, dan menarik kepada masyarakat”, jelas Momon.


Kegiatan ini, kata Momon, terdiri atas pameran produk, dari para wirausahawan muda pertanian yang di produksi atau dihasilakan oleh para penerima program PWMP atau Penumbuhan wirausahawan muda pertanian selanjutnya kegiatan lain adalah milenial meet bisnis atau yang lebih populer dengan sebutan temu bisnis dimana kita mempertemukan para pengusaha muda ini dengan para pengembang, perbangkan, sektor swasta ataupun retail.


“Selain itu kita juga nanti akan ada kegiatan menarik seperti debat mahasiswa dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris untuk siswa SMK PP juga terbuka untuk umum dimana mereka akan diminta untuk memberikan opini terkait dengan wirausaha dibidang pertanian”, katanya. 


“Kita juga akan menghadirkan beberapa lembaga dari lingkungan pertanian, puspitek, fish agro, bpom dan dinas kesehatan, akan ada juga talk show be young enterprenour yang dipandu oleh artis Wanda Hamida. serta ada lomba vlog yang hadiahnya sangat menarik yaitu smartphone dan sebagai puncak acara kita akan mengadakan MIA Awards dengan kategori best product and best seller yang akan diperebutkan uang hadiah cash total senilai 45 juta rupiah yang didukung oleh bank Mandiri”, imbuhnya.


Kegiatan pameran ini terdiri dari 30 booth yang melibatkan seluruh lembaga pendidikan dibawah kementerian pertanian, badan lingkungan pertanian, DKP, kelompok PWNP binaan polbangtan, dan mitra bank mandiri, puspitek dinas kesehatan bogor, bpom, dan mitra swasta yang lain


“Diharapkan dengan kegiatan ini dapat mengsukseskan penumbuhan wirausaha muda pertanian, dan mengembangkan apa yang sudah dihasilkan oleh para enterpreneur muda dan kemudian langsung melakukan uji pemasaran di tempat ini. yaitu di mall karna kita mengadakan langsung di pusat pemasaran. dan diharapkan degan kegiatan ini kita dapat mempromosikan polbangtan yang saat ini sedang melakukan penerimaan mahasiswa baru dan juga PEPI dan juga SMK PP diharapkan juga dengan kegiatan ini bisa menarik generasi muda lebih luas lagi untuk kemudian berkecimpung dibidang pertanian”, katanya. (pr/kj/al)