Tesla Tarik Kembali 475.000 Mobilnya yang Terjual di Amerika Serikat

By Nad

nusakini.com - Internasional - Tesla akan menarik lebih dari 475.000 mobil di AS, menurut dokumen yang diajukan ke regulator keselamatan AS.

Perusahaan kendaraan listrik itu mengumumkan penarikan 356.309 kendaraan karena potensi masalah kamera belakang yang memengaruhi Tesla Model 3 2017-2020.

Sebanyak 119.009 kendaraan Model S juga akan ditarik karena potensi masalah dengan bagasi depan, atau bagasi belakang.

Angka penarikan total hampir setara dengan 500.000 mobil yang dikirimkan Tesla tahun lalu, lapor Reuters.

Sebuah laporan keselamatan, yang dikirimkan bulan ini, memperkirakan bahwa sekitar 1% dari Model 3 yang ditarik mungkin memiliki kamera tampak belakang yang rusak.

Seiring waktu "pembukaan dan penutupan tutup bagasi yang berulang" dapat menyebabkan keausan berlebihan pada kabel yang menyediakan umpan kamera tampak belakang, kata laporan Safety Recall yang disampaikan oleh Tesla kepada National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) di AS pada tanggal 21 Desember.

Jika keausan menyebabkan inti kabel terpisah "umpan kamera tampak belakang tidak terlihat pada tampilan tengah", catatan laporan.

Hilangnya tampilan kamera tinjauan dapat "meningkatkan risiko tabrakan", tambahnya.

Penarikan kembali Model S melibatkan kendaraan yang diproduksi antara 2014-2021, beberapa di antaranya mungkin memiliki masalah dengan "gerendel sekunder" di bagasi depan, atau bagasi belakang.

Dalam laporan Safety Recall lainnya, yang juga diajukan pada 21 Desember, Tesla mencatat kesalahan tersebut dapat berarti, jika gerendel utama terlepas secara tidak sengaja, bagasi depan "dapat terbuka tanpa peringatan dan menghalangi visibilitas pengemudi, meningkatkan risiko kecelakaan".

Sekitar 14% dari Model S yang ditarik mungkin memiliki cacat, catatan laporan tersebut.

Dalam kedua kasus tersebut, laporan tersebut menyatakan bahwa "Tesla tidak mengetahui adanya kecelakaan, cedera, atau kematian" yang berkaitan dengan potensi kesalahan.