Terungkap Mantan Bos Mossad Ancam Jaksa ICC untuk Hentikan Penyelidikan Terhadap Israel

By Admin


JAKARTA -- Mantan Kepala Mossad , Yossi Cohen, dilaporkan menekan mantan jaksa ICC (Mahkamah Internasional) Fatou Bensouda untuk menutup penyelidikan kejahatan perang Israel. Hal Itu dilaporkan surat kabar Inggris, The Guardian. 

Menurut laporan tersebut, Cohen dan Bensouda bertemu secara diam-diam pada tahun-tahun sebelum keputusannya untuk membuka penyelidikan resmi pada tahun 2021 atas dugaan kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan di wilayah Palestina. 

Dalam laporan ini, The Guardian mencatat, keterlibatan Cohen melawan ICC terjadi saat ia menjabat sebagai pimpinan Mossad. Laporan tersebut mengutip sumber Israel yang mencatat bahwa Mossad berusaha untuk "mengkompromikan jaksa atau meminta dia sebagai seseorang yang mau bekerja sama dengan tuntutan Israel." 

Sumber lain mengatakan kepada The Guardian bahwa Cohen bertindak sebagai "utusan tidak resmi" Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

The Guardian juga mengutip pernyataan Cohen, “Anda harus membantu kami dan biarkan kami menjaga Anda. Anda tidak ingin terlibat dalam hal-hal yang dapat membahayakan keamanan Anda atau keluarga Anda.” 

Laporan intimidasi lainnya diungkapkan oleh The Guardian, yang menambahkan bahwa Mossad, di bawah masa jabatan Cohen, menaruh perhatian pada keluarga jaksa, bahkan memperoleh transkrip percakapan antara Bensouda dan suaminya dalam upaya menggunakan percakapan tersebut untuk mendiskreditkannya. 

Seseorang yang dikutip The Guardian menyatakan bahwa Cohen menggunakan "taktik tercela" terhadap mantan jaksa tersebut, bahkan menyamakan perilakunya dengan "menguntit". 

Selain itu, dalam upaya untuk mempengaruhi Bensouda, Israel dilaporkan didukung oleh Joseph Kabila, mantan presiden Republik Demokratik Kongo, yang memainkan peran yang tidak diketahui dalam mendukung plot tersebut. 

Investigasi ini terungkap setelah Karim Khan, penerus Bensouda, mengumumkan niatnya untuk meminta surat perintah penangkapan bagi pejabat senior Israel, di antaranya Netanyahu. 

Seorang juru bicara Kantor Perdana Menteri, ketika dihubungi oleh The Guardian, mengatakan, “Pertanyaan yang diajukan kepada kami penuh dengan banyak tuduhan palsu dan tidak berdasar yang dimaksudkan untuk merugikan negara Israel.”

Diketahui, Yossi Cohen adalah mantan kepala Mossad yang juga merupakan mantan orang kepercayaan Netanyahu. Dia bergabung dengan Mossad pada awal 1980-an dan ditunjuk sebagai kepala Mossad oleh Netanyahu pada tahun 2015. Dia pensiun dari intelijen Israel pada tahun 2021. Cohen telah terlibat dalam insiden kontroversial lainnya sebagai kepala Mossad. 

Sebelumnya pada bulan Mei, ia mengatakan kepada Middle East Media Research Institute (MEMRI) bahwa pemerintah Israel mendekati Qatar untuk mendanai kehidupan sipil di Jalur Gaza, termasuk menegosiasikan transfer uang ke Hamas. 

The New York Times juga memperkuat pernyataan Cohen, mencatat bahwa ia mengelola arsip Qatar selama beberapa tahun saat menjabat sebagai kepala Mossad. Laporan tersebut menyatakan bahwa selama tahun-tahun terakhirnya sebagai pimpinan Mossad, dia yakin "hanya ada sedikit pengawasan mengenai ke mana uang itu disalurkan." (*)