nusakini.com, Jakarta – Didirikan pada 9 Agustus 2016, “Sales Director Indonesia” (SDI) adalah perkumpulan para sales director dari berbagai lini bisnis di Indonesia. Adapun pendiri dari SDI ini sendiri terdiri dari Dedy Budiman, Sugih Yusuf, Brando Tengdom, Sally Notariza Taher, Ivonny Santje Liemantika, Agus Hendrawan Halim, dan Ferilasman. Untuk pertama kalinya, SDI mengadakan acara Musyawarah Nasional (Munas) yang merupakan forum tertinggi organisasi dimana dalam rangkaian acaranya akan menetapkan atau mengubah anggaran dasar, menetapkan rencana kerja, mengevaluasi laporan pertanggungjawaban Ketua Umum, menetapkan keputusan lainnya, hingga memilih dan menetapkan Ketua Umum.

Pada Munas kali ini, Brando Tengdom, Direktur Marketing & Sales Transvision, dipercayai menjadi Ketua Umum SDI periode 2023-2026, dimana sebelumnya beliau menjabat sebagai Co-founder & Chief Financial Officer dalam asosiasi SDI ini. Pemilihan tersebut secara resmi diumumkan pada acara Munas SDI hari Jumat, 27 Januari 2023 di Hotel Harris Suites Puri Mansion. Dalam acara Munas ini pun terdapat pembahasan menarik mengenai Leadership in a Crisis yang menjelaskan mengenai kompetensi seorang leadership di tengah gempuran tantangan krisis pandemik lalu. Materi tersebut langsung disampaikan oleh Sally Taher, Co-founder & Partner at Red & White Consulting Partners LLP. 

Didirikannya SDI ini sendiri tentunya memiliki tujuan agar perkembangan bidang sales di Indonesia ke depannya dapat menjadi lebih baik lagi serta memberikan kebermanfaatan baik bagi internal SDI maupun pihak eksternal. Strategi SDI tahun ini pun diisi dengan penuh kegiatan dan aktivitas dengan tujuan yang beragam, dimulai dengan Networking Breakfast SDI yang dilaksanakan setiap bulan dan Seminar atau Workshop SDI setiap dua bulan sekali, dengan tujuan sebagai ajang untuk membagikan pengetahuan dan pengalam di bidang sales serta tentunya membangun networking.

Selanjutnya, ada juga kegiatan Company Visit SDI yang akan dilakukan selama tiga bulan sekali serta SDI Exhibition berupa pameran jasa dan produk dari member SDI yang baru akan dimulai pada tahun 2024. Kedua kegiatan tersebut bertujuan untuk membuka peluang kerja sama ataupun kolaborasi dengan sesama member SDI. Membuktikan adanya kepeduliannya terhadap sesama, SDI juga mengadakan program SDI Berbagi. Program ini merupakan bakti social kepada yang membutuhkan di lingkungan terdekat. Bantuan yang dapat disalurkan pun beragam dengan tujuan meringkankan beban sesame member yang terkena bencana/kedukaan. 

Selain itu, SDI juga akan menghadirkan program menarik, yaitu SDI Staycation, serta ada juga SDI Membership Card. Tidak hanya bersenang-senang dalam membangun kedekatan dan networking antar membernya, SDI juga mengadakan program SDI Sehat (Jogging) dan juga SDI Sport Competition berupa pertandingan bulu tangkis dan futsal antar perusahaan member SDI. Sehingga selain dapat mengakrabkan sesama member SDI, rangkaian kegiatan bersama antar member ini dapat saling mengingatkan untuk menjaga kebugaran dan Kesehatan di tengah kesibukan yang padat pada aktivitas sehari-hari. (ad)