Terobosan Disdik Sulsel Jelang PPDB 2021, Layanan Optimal ke Masyarakat

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Dinas Pendidikan (Disdik) Sulawesi Selatan melakukan terobosan pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 yang dilakukan secara online yakni memberikan layakan optimal ke masyarakat via media dan LSM. Untuk menyukseskan agenda ini, Kadisdik Sulsel, Prof Muhammad Jufri membentuk struktur kepanitiaan yang diketuai Kabid Pembinaan SMA, Dr Idrus dan Hery Sumiharto, SE, sekretaris Disdik Sulsel yang menjadi sekretaris panitia PPDB Sulsel 2021.

Menurut Prof Jufri, terobosan ini sejalan dengan imbauan Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman yang menekankan pentingnya pelayanan optimal ke masyarakat. "Andai terjadi permasalahan atau pertanyaan dari masyarakat, beliau pun meminta agar diselesaikan sesegera mungkin," kata Prof Jufri.


Untuk mengoptimalkan pelayanan ditunjuk juga tiga koordinator bidang yakni Dr. Azrar sebagai koordinator informasi masyarakat luas, Andi Umar selaku koordinator media dan Mirdan Midding, koordinator yang berhubungan dengan LSM dan media yang melekat dengan dunia pendidikan di Sulsel. "Kami berkomitmen bekerja optimal sesuai misi pendidikan di Sulsel yakni berkarater, berbudaya dan beradab," terang Mirdan kepada nusakini.com saat melakukan sosialiasi di Barista Cafe dan Warkop Lobe-lobe, Makassar,Jumat (21/5).

Berdasarkan jadwal, PPDB Sulsel untuk SMA/SMK/SLB bakal berlangsung mulai 7 Juni mendatang untuk boardingschool dan 14 Juni untuk reguler. Seperti sebelumnya, PPDB tetap menerapkan jalur zonasi, afirmasi, prestasi akademik/non akademik, perpindahan tugas orangtua/wali siswa serta anak guru/tenaga kependidikan. "Jalur zonasi yang paling tinggi yakni mencapai 75 persen," terang Mirdan. (rls)