Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta Bisa Digunakan Mudik Lebaran

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang bakal bisa digunakan oleh para penumpang mudik Lebaran 2016 mendatang.

Hal ini diungkapkan Direktur Utama PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi di Tangerang, Senin (25/4/2016), “ Terminal 3 Ultimate sudah bisa digunakan oleh para penumpang mudik Lebaran, walaupun secara keseluruhan pembangunan ditargetkan tuntas pada 2017”, ujarnya.

Budi menjelaskan, Terminal 3 Ultimate memang dijadikan terminal transit internasional. Selama ini bandara yang sering dijadikan tempat transit adalah Bandara Kuala Lumpur di Malaysia dan Bandara Changi di Singapura. 

Hal baru dari Terminal 3 Ultimate adalah sistem penanganan bagasi otomatis. Sistem ini terletak di dekat pintu masuk terminal. Setibanya penumpang di dalam terminal bisa langsung mengurus barangnya masuk ke bagasi. Penempatan layanan bagasi dikerjakan secara komputerisasi dengan menggunakan barcode yang ada di barang penumpang sehingga tidak lagi memerlukan tenaga porter

Sementara itu, Manajer Humas PT Angkasa Pura II Yado Yarismano menjelaskan, Terminal 3 Ultimate digambar oleh arsitek asal Indonesia, dengan luas bangunan berukuran 422.804 meter persegi.

Di bagian lain, menurut Senior General Manager Bandara Internasional Soekarno- Hatta, Suriawan Wakan, PT Angkasa Pura II telah menambah fasilitas pemeriksaan kepada calon penumpang yang akan masuk bandara yakni body scanner. Alat canggih itu dapat mendeteksi secara otomatis dengan tingkat akurasi yang lebih detail. (if/mk)