Terkait Gim Daring, Menteri Anis Mengaku Sudah Berkomunikasi Dengan Kemenkominfo

By Admin

nusakini.com--Terkait masalah gim daring, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan tika mengaku pihaknya sudah mencoba mengkomunikasikan masalah ini dengan Kementerian Komunikasi dan Informa(Kemenkominfo). 

“Kita sudah komunikasikan tapi belum duduk bersama untuk membahasnya,” kata Alumnus Universitas Gajah Mada ini seusai acara Pembukaan Pameran Buku The Big Bad Wolf Book Sale di Serpong, Tangerang, Jumat (29/4/2016).

Menurut Anies, gim daring memang perlu dibuatkan regulasinya sehingga anak tidak memainkan gim yang tidak tepat nantinya. "Gim daring itu yang perlu regulasi tapi kalau gim yang software hanya perlu lihat dari ratingnya saja," tegas Anies.

Sebelumnya, ketiadaan regulasi yang tegas terkait gim daring dinilai menjadi sebab lemahnya pengawasan terhadap anak-anak di warnet. Sebab itu, sebagian pihak menilai mendesak diberlakukannya regulasi nasional terkait gim daring.

Sementaran itu Rudi Rusdiah, Ketua Asosiasi Warnet Indonesia mengatakan, regulasi terkait video game juga mestinya dibuat menyeluruh. Tak hanya untuk gim daring yang dimainkan di warnet. Pasalnya, media yang digunakan anak-anak untuk memainkan gim sudah beragam, seperti di ponsel pintar dan gadget lainnya."Payung hukum memang harus ada.Selama ini regulasi pengawasan warnet cenderung dibuat per daerah dan kurang tegas penerapannya," kata Rusdi. (ab)