Terkait FTA, Indonesia Sudah Tertinggal dari Vietnam dan Malaysia

By Admin


JAKARTA - Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong mengungkapkan Indonesia saat ini sudah tertinggal dari Vietnam dan Malaysia dalam hal perjanjian perdagangan bebas atau Free Trade Agreement (FTA). "Sebentar lagi Filipina menyalip Indonesia. Saya sudah laporkan ke Menko Perekonomian Darmin Nasution,” ujar Thomas,Jumat (4/3/2016).

Vietnam, lanjut Thomas, telah menandatangani perjanjian perdagangan bebas dengan Uni Eropa dan menjadi salah satu pendiri Trans-Pacific Partnership (TPP).

Thomas menjelaskan tahapan pertama dalam proses negosiasi FTA atau perdagangan bebas adalah scooping atau memilah-milah cakupan bidang yang bisa dikerjasamakan atau disepakati bersama.

Oleh karenanya, saat ini pemerintah berpacu dengan waktu untuk menyelesaikan tahapan ini. Diharapkan pada tahun ini tahapan pemilahan data bisa selesai, dan pada tahun ini pula negosiasi formal dengan Uni Eropa bisa dimulai.

“Karena mulai mengerikan, pabrik sudah mulai pindah ke Vietnam dan Malaysia. Itu mungkin hikmah yang harus kita ambil dari pabrik-pabrik yang tutup dan PHK,” tutup Thomas.(ab)