Terima Kunker Stafsus Wapres Sukriansyah, Gubernur Gorontalo: Pemprov Sangat Mendukung Pembangunan Bendungan Bolango Ulu

By Admin


nusakini.com - Gorontalo - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menerima langsung kunjungan kerja Staf Khusus (Stafsus) Wakil Presiden (Wapres) Sukriansyah S. Latief beserta rombongan di kantor Gubernur Provinsi Gorontalo, Senin (14/3/2022). 

Dalam paparannya, Gubernur Rusli sangat berterimakasih atas kunjungan Stafsus Sukriansyah untuk mengetahui progres pembangunan bendungan Bolango Ulu di Kabupaten Bone Bolango. 

Gubernur Rusli menjelaskan pemerintah provinsi sangat mendukung pembangunan bendungan Bolango Ulu yang menjadi proyek strategis nasional tersebut. 

“Kami 100 persen sangat mendukung. Bahkan masyarakat di sekitar pembangunan menunjukkan antusiasme yang sangat besar terhadap pembangunan bendungan ini”, ujarnya. 

Terkait persoalan pembebasan lahan, Gubernur Rusli mengatakan kerjasama masyarakat sangat baik. Bahkan banyak warga di sekitar lokasi yang langsung menawarkan lahannya untuk dijadikan lokasi dengan ganti untung yang cukup adil. 


“Tapi memang pemerintah harus berhati-hati dalam persoalan pembebasan lahan tersebut. Pertimbangan hukum menjadi faktor utama dalam hal ini. Kita tak ingin dibelakang hari ada pihak yang keberatan dan mengajukan tuntutan karena merasa haknya diabaikan. Namun pemerintah yakin pembangunan bendungan ini akan terealisasi sesuai target”, paparnya. 

Gubernur Rusli juga mengusulkan pembangunan bendungan lain yakni bendungan Bone Ulu dalam proyek strategis nasional. 

“Bendungan ini lebih besar dari bendungan Bolango Ulu. Kalau dua bendungan ini bisa terealisasi maka manfaatnya bagi masyarakat Gorontalo sangat besar. Pengairan, penyediaan air bersih serta meminimalisir banjir dapat langsung dirasakan masyarakat nantinya”, tambahnya. 

Dalam pertemuan ini, Gubernur Rusli didampingi Asisten II Gubernur Sultan Rusdi, Staf Ahli Pembangunan Misranda Nalole serta jajaran pejabat Dinas PU Gorontalo. Sedang Stafsus Wapres Sukriansyah didampingi Asisten Stafsus Wapres Yulian Hadromi serta Staf Sekretariat Wapres Febrian Kusmajaya. (*)